Pemkot Depok Akan Putar Lagu Indonesia Raya di Pasar-Mal Tiap Tanggal 17

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 23 Mei 2021 15:11 WIB
Ribuan bendera Merah Putih dipasang di kawasan objek wisata Poetoek Suko, Trawas, Mojokerto. Pengibaran ribuan bendera itu dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-75
Bendera merah putih (Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Depok -

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berencana memutar lagu 'Indonesia Raya' di mal dan pasar-pasar setiap tanggal 17. Hal itu dilakukan guna membangkitkan jiwa nasionalisme warga Depok.

"Insyaallah akan kita rutinkan (pemutaran lagu 'Indonesia Raya' di pasar dan mal) paling tidak setiap tanggal 17," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Depok, Zamrowi, saat dihubungi, Minggu (23/5/2021).

Zamrowi menjelaskan pemutaran lagu 'Indonesia Raya' ini merupakan ide Wali Kota Depok Mohammad Idris. Idris, kata dia, ingin agar jiwa nasionalisme masyarakat Kota Depok semakin meningkat di tengah pandemi COVID-19.

"(Pemutaran lagu 'Indonesia Raya') ini idenya dari Pak Wali Kota, bagaimana menanamkan semangat nasionalisme dan semangat untuk bangkit dari dampak COVID-19 yang bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional," lanjutnya.

Dia tidak merinci apakah lagu 'Indonesia Raya' akan diputar serentak. Namun, Zamrowi menegaskan, Pemkot Depok telah mensosialisasikan pemutaran lagu ini ke pengelola pasar dan mal.

"Lalu kami coba diskusikan dengan teman-teman pengelola pasar rakyat, pusat perbelanjaan dan toko modern, alhamdulillah ternyata disambut baik (pemutaran lagu 'Indonesia Raya')," ucap Zamrowi.

(sab/mae)