1 Jasad Penumpang Kapal yang Hancur Dihantam Ombak di Jambi Ditemukan

Ferdi Almunanda - detikNews
Minggu, 23 Mei 2021 10:06 WIB
Ilustrasi kapal tenggelam atau kecelakaan kapal(Dok detikcom)
Foto ilustrasi kapal tenggelam. (Dok detikcom)
Jambi -

Satu jasad diduga penumpang Kapal Motor Wicly Jaya Sakti, yang hancur dihantam ombak besar di perairan Jambi, ditemukan. Jenazah kini dievakuasi ke puskesmas terdekat.

"Pada pukul 02.00 WIB Tim SAR gabungan menemukan 1 orang diduga korban Kapal Wicly Jaya Sakti dengan jenis kelamin perempuan umur sekitar 30-an tahun. Korban kini di evakuasi menuju puskesmas di sekitaran posko, kawasan Nipah Panjang," kata pejabat Humas Basarnas Jambi, Lutfi Mulyawan, dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Minggu (23/5/2021).

Jenazah ditemukan sejauh 6,7 NM dari lokasi tenggelamnya KM Wicly Jaya Sakti. Saat ditemukan, jasad korban langsung dibungkus kantong jenazah.

Data Korban Selamat dan Hilang

Berdasarkan data yang dihimpun detikcom dari Basarnas Jambi, penumpang kapal yang berhasil diselamatkan adalah Resti Novita Sari (26), Syaikila (1), Syarifah (24), Desi Fatmasari (25), Gita Ulan Sari (14), Ari Rahman (16), Muhammad Ilyas (31), Hendri (34), Sandi (31), Gazi (58), Zarimah (53), Aan (43), Heriyanto (38), Supriyanti (34), Keysia Depi (11), Kiswandi (39), Syarifudin (47), dan Siti Fatimah (45).

Sementara itu, data korban hilang adalah Bunga Ateng (54), Dewi (37), Sarifah (5), Dina Permata Sari (18), Rismawati (65), dan tiga perempuan yang belum diketahui namanya.

"Karena ini kapal ditumpangi oleh beberapa keluarga kan, jadi data korban yang belum ditemukan itu ada anak-anak juga," ujar Lutfi.

Bangkai kapal motor belum ditemukan. Petugas gabungan masih fokus mencari korban yang hilang.

Kapal Berlayar Saat Cuaca Buruk

Sebelumnya dilaporkan, KM Wicly Jaya Sakti, yang merupakan kapal muatan barang, membawa penumpang dari Nipah Panjang, Tanjung Jabung Timur, menuju Dabo Singkep, Provinsi Riau. Di perjalanan, kapal ini dihantam ombak besar hingga hancur dan dilaporkan tenggelam.

Kapal ini berlayar pada pukul 05.30 WIB. Kapal tersebut berlayar saat kondisi cuaca hujan lebat disertai angin kencang dan berkabut. Tidak hanya itu, kondisi laut saat kapal berlayar juga dalam keadaan bergelombang dengan ketinggian sekitar 0,5-1,25 meter.

Sebanyak 18 penumpang yang berhasil dievakuasi kini telah dibawa ke kantor Kesehatan Pelabuhan di kawasan Kampung Laut, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi. Beberapa pihak keluarga dari korban hilang sudah berdatangan ke posko.

(isa/isa)