detikcom Do Your Magic

Jalan Poros Rusak Parah di Kota Kendari Mulai Ditimbun Pemprov Sultra

Sitti Harlina - detikNews
Jumat, 21 Mei 2021 16:19 WIB
Jalan poros rusak di Baruga, Kota Kendari mulai diperbaiki.
Jalan poros rusak parah di Kota Kendari mulai diperbaiki (Sitti Harlina/detikcom)
Kendari -

Jalan poros lintas kabupaten/kota yang rusak parah di Kecamatan Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), mulai dibenahi Pemerintah Provinsi (Pemprov). Petugas Dinas Bina Marga mulai menimbun jalan berlubang dalam dan bergelombang.

Pantauan detikcom di Jalan Brigjend Katamso, Kecamatan Baruga, Kendari, Sultra, Rabu (19/5/2021), tepatnya di jalur arah Konawe Selatan setelah SMAN 5 Kendari, mulai ditimbun. Sejumlah alat berat dan truk pengangkut material tampak memperbaiki jalan.

"Mulai hari ini kita timbun dulu yang berlubang," ujar Kepala Dinas Bina Marga Sultra Burhanuddin saat dimintai konfirmasi detikcom, Jumat (21/5/2021).

Jalan poros rusak di Baruga, Kota Kendari mulai diperbaiki.Jalan poros yang rusak di Baruga, Kota Kendari, mulai diperbaiki. (Sitti Harlina/detikcom)

Namun pembenahan yang dilakukan pada tahap awal ini hanya berupa menimbun jalan yang berlubang dan bergelombang. Sebab, Pemprov Sultra belum memiliki anggaran untuk melakukan perbaikan secara permanen.

"Untuk perbaikan permanen masih tunggu anggaran. Jadi solusi awal kita padatkan dulu. Untuk solusi jangka panjangnya kita rencanakan di (APBD) perubahan nanti," katanya.

Burhanuddin mengatakan jalan yang rusak parah di jalur tersebut nantinya akan dibeton dengan anggaran yang akan diajukan di APBDP tahun ini.

"Bukan diaspal, mau dibeton biar tahan," tuturnya.

Menurut Burhanuddin, jalan di jalur tersebut mengalami kerusakan cukup parah karena tidak adanya saluran air, yang mengakibatkan air tergenang di jalanan saat hujan turun. Pemprov Sultra akan melakukan pendekatan kepada pemilik ruko di sekitar lokasi agar Pemprov dapat membuat drainase.

"Karena salah satu permasalahan di sana itu drainasenya tertutup, hanya mereka (pemilik ruko) agak keberatan kalau kita bongkar untuk drainasenya jadi kita lakukan pendekatan dulu supaya tidak ada lagi genangan air," tuturnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Sebelumnya diberitakan, Jalan Brigjend Katamso yang menjadi salah satu jalan poros di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara kondisinya sangat memprihatinkan dan membahayakan pengendara. Jalan rusak parah dengan adanya lubang yang dalam dan bergelombang itu terbentang sepanjang sekitar 50 meter.

Para pengendara roda 2 dan roda 4 tampak sangat berhati-hati dengan menjalankan kendaraannya sangat pelan. Meski begitu, sesekali terdengar suara gardan mobil yang berbenturan dan badan jalan yang bergelombang dan berlubang. Ada juga kendaraan roda 4 berbodi kecil yang bagian bumpernya langsung berbenturan dengan tanah saat menginjak lubang yang dalam.

Jalan Mayjen Katamso di Kota Kendari rusak parah.Jalan Brigjend Katamso di Kota Kendari rusak parah (Sitti/detikcom)

Sementara itu, sejumlah kendaraan roda 2 tampak mengalami mati mesin saat masuk ke kubangan air yang cukup dalam di jalan tersebut.

"Duh, ini jalan sudah sangat parah sekali sampai kasih mati mesin motor," keluh salah seorang pengendara yang mesin motornya mati akibat masuk ke kubangan air.

Jalan poros rusak di Baruga, Kota Kendari mulai diperbaiki.Jalan poros rusak di Baruga, Kota Kendari, mulai diperbaiki. (Sitti Harlina/detikcom)

Pengendara lainnya, Igo, mengaku sudah sangat sengsara saat melintasi jalan tersebut.

"Itu sangat mengganggu kenyamanan kami pengendara motor, khususnya pengendara mobil, karena jalan tersebut rusaknya sangat parah. Bukan lubang kecil lagi, tapi sudah menjadi sumur," keluhnya kepada detikcom, Rabu (19/5).

(nvl/nvl)