Dasco: Terawan Mundur dari Pencalonan Dubes Spanyol

Eva Safitri - detikNews
Jumat, 21 Mei 2021 10:33 WIB
Jakarta -

Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dikabarkan mundur dari pencalonan Duta Besar (Dubes) RI untuk Spanyol. Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad membenarkan hal itu.

"Ya saya dengar memang Terawan mundur dari usulan Dubes Spanyol," kata Dasco kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (21/5/2021).

Dasco tidak mengetahui penyebab Terawan mundur. Dia mengatakan itu merupakan hak pribadi.

Lebih lanjut Dasco meminta pemerintah mencari penggantinya.

"Saya pikir itu hak beliau, dan mungkin pemerintah bisa segera mengisi usulan baru untuk menggantikan dokter Terawan yang mundur," ujarnya.

Sebelumnya, DPR telah menerima surpres nama calon duta besar terbaru. Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar saat rapat paripurna, Kamis (20/5/2021). Namun tidak dijabarkan nama-nama calon dubes yang tertera dalam surat tersebut.

"Surat nomor R/19/Pres/04/2021 tanggal 29 April 2021 perihal Permohonan Pertimbangan atas Pencalonan Duta Besar dan Berkuasa Penuh Negara Sahabat untuk Indonesia," ungkap Cak Imin.

Cak Imin memastikan DPR akan menindaklanjuti surat-surat tersebut sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Terkait duta besar RI merupakan kewenangan Komisi I DPR.

Sekadar mengingatkan, sebelum surat tertanggal 29 April 2021 ini, DPR sudah lebih dulu menerima surpres dengan perihal yang sama, yakni nama-nama calon dubes RI. Ada 31 nama calon dubes dalam surpres yang diterima DPR sebelum yang diungkapkan hari ini.