Unhan Beri Gelar Doktor Honoris Causa ke Ryamizard Ryacudu

Ahmad Toriq - detikNews
Kamis, 20 Mei 2021 20:15 WIB
Eks Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu menerima gelar doktor honoris causa (Dok Unhan RI)
Foto: Eks Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu menerima gelar doktor honoris causa (Dok Unhan RI)
Jakarta -

Universitas Pertahanan (Unhan) memberikan gelar doktor kehormatan honoris causa kepada eks Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu. Penganugerahan gelar doktor kehormatan itu disaksikan langsung oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto.

"Probowo Subianto hadir pada acara penganugerahan gelar doktor kehormatan (Honoris Causa) kepada Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu," rilis Unhan RI, Kamis (20/5/2021).

Sidang senat terbuka itu dipimpin langsung oleh Rektor Unhan RI Laksdya TNI Dr Amarulla Octavian. Sidang tersebut menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Senat menilai Ryamizard Ryacudu layak mendapatkan gelar doktor kehormatan. "Pengetahuan tacit (implisit) sepanjang karier prajurit TNI hingga menjadi KSAD tahun 2002-2005 dan Menhan tahun 2009-2014 telah banyak dituangkan ketika memberi kuliah umum di Unhan RI," rilis Unhan RI.

Ryamizard dianggap kerap menggagas upaya peningkatan profesionalisme prajurit TNI dalam menerapkan Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata). Saat menjadi Menteri Pertahanan RI, Ryamizard menggagas program bela negara untuk seluruh lapisan masyarakat guna meningkatkan nasionalisme dan patriotisme.

"Pengalaman pribadi selama bertugas di dalam negeri dan luar negeri juga ditulis ke dalam beberapa karya ilmiah yang menjadi referensi beberapa lembaga pendidikan di lingkungan TNI/TNI AD," pernyataan Unhan.

Penganugerahan kepada Ryamizard ini, sebut Unhan, diharapkan menjadi pemicu bagi prajurit TNI lainnya untuk berprestasi dan bermanfaat bagi nusa dan bangsa. Dalam kesempatan yang sama, Ryamizard menyampaikan orasi ilmiah yang berjudul 'Bela Negara sebagai Dasar Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta dalam Menghadapi Ancaman Militer, Nonmiliter dan Hibrida'.

Dalam acara penganugerahan itu turut hadir Wakil Menhan RI Letjen TNI M. Herindra, Sekjen Kemhan RI Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto dan para pejabat Kemhan RI, Mabes TNI dan Mabes Angkatan beserta para pejabat Unhan RI.

Simak juga 'Saat Eks Menhan Ryamizard Prihatin Moralitas Anak Muda Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/jbr)