Jaksa Ungkap Momen Rekan Rohadi Serahkan Mobil ke Eks Bupati Indramayu

Zunita Putri - detikNews
Kamis, 20 Mei 2021 17:17 WIB
KPK telah menyita aset-aset Rohadi, PNS tajir melintir asal Indramayu. Salah satu aset yang disita adalah Rumah Sakit Resya.
KPK sita rumah sakit milik Rohadi di Indramayu (Sudirman Wamad/detikcom)
Jakarta -

Jaksa KPK mengungkapkan momen Direktur PT Reysa Permata, Adji Hoesodo, menyerahkan mobil ke mantan Bupati Indramayu, Anna Sopanah. Mobil itu dibeli oleh mantan panitera pengganti PN Jakarta Utara, Rohadi.

Diketahui PT Reysa Permata adalah nama perusahaan rumah sakit milik Rohadi, bernama RS Reysa Permata, yang beralamat di Desa Cikedung Lor, Kecamatan Cikedung, Indramayu, Jawa Barat. Adji ini direktur rumah sakit Rohadi.

Pemberian mobil itu terungkap ketika jaksa bertanya ke mantan Komisaris PT Reysa Permata, Saanan. Jaksa menampilkan sebuah foto Aji menyerahkan mobil nomor polisi B-104-ANA ke Anna Sopanah melalui kepala desa.

"Seingat saya itu penyerahan mobil untuk Bupati Indramayu diserahkan kepala desa. Serahkan mobil diserahkan untuk bupati," kata Saanan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (20/5/2021).

"Pak Adji dalam kapasitas apa serahin mobil ke kepala desa? Apa dia wakili Bupati Anna Sopanah?" tanya jaksa.

"Jadi gini, seingat saya penyerahan simbolis kepada kepala desa, yang anter (mobil) itu kepala desa ke tempat bupati," kata Saanan.

"Dalam kaitan apa mobil diserahkan kepala desa? Apa ada kaitannya dengan kontestasi politik atau pembangunan RS Reysa?" tanya jaksa lagi.

"Tidak tahu," tambah Saanan.

Mendukung kesaksian Saanan, polisi yang juga rekanan Rohadi, Sutikno, mengaku pernah membelikan mobil Pajero atas perintah Rohadi. Mobil itu bernomor polisi B-104-ANA. Sutikno saat itu anggota Satlantas Polres Jakarta Utara.

"Ada (pembelian) Pajero Sport nomor polisi B-1503-TJK yang diganti dengan B-104-ANA? Siapa yang beli?" tanya jaksa KPK.

"Ya ada. Saya juga (beli), yang pesan Pak Rohadi. Karena nama dia sudah banyak akhirnya minta tolong saya supaya belinya di provesi," kata Sutikno.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan juga 'Saat KPK Tetapkan Tersangka Baru Kasus Suap Bupati Indramayu Supendi':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2