Diteriaki Gubernur, Bobby Bakal Tantang Gubsu Edy di Pilkada 2024?

Datuk Haris Molana - detikNews
Kamis, 20 Mei 2021 12:27 WIB
Bobby Nasution saat blusukan bertemu pedagang Eks Pajak Aksara (Datuk-detikcom)
Bobby Nasution saat blusukan bertemu pedagang Eks Pajak Aksara (Datuk/detikcom)
Medan -

Wali Kota Medan Bobby Nasution diteriaki 'gubernur' saat menemui pedagang eks Pajak Aksara, Medan, Sumatera Utara (Sumut). Peristiwa itu dinilai tes untuk melihat respons publik.

"Saya kira wajar jika ada yang meneriaki Wali Kota Medan Bobby sebagai gubernur. Ini bagian dari framework politik untuk menawarkan Bobby sebagai calon Gubsu mendatang. Ini bagian dari test cases untuk memancing respons publik," kata pengamat politik USU, Warjio, Kamis (20/5/2021).

Warjio menyebut pemilihan gubernur akan digelar tiga tahun lagi. Namun persiapan harus dibuat, termasuk pembentukan framework-nya.

"Pilgubsu masih 3 tahun mendatang. Tapi persiapan harus dibuat, termasuk pembentukan framework-nya oleh siapa pun," ujar Warjio.

Namun, menurut Warjio, Bobby sebaiknya berkonsentrasi dulu dalam membangun Kota Medan dengan beragam persoalan. Bobby dinilai belum teruji dan harus banyak mendengar dalam membangun Kota Medan.

"Bobby harus konsentrasi dulu untuk memenuhi janji politiknya dalam membangun Kota Medan yang banyak persoalan, mulai infrastruktur, mentalitas birokrasi, sampai pembentukan identitas pembangunannya. Bobby belum teruji dalam kaitan ini. Ia masih harus perlu banyak mendengar dan melakukan perubahan untuk Kota Medan," ujar Warjio.

Dengan adanya teriakan tersebut, secara otomatis Bobby harus lebih giat lagi untuk menunjukkan kinerjanya di depan masyarakat.

Terpisah, hal senada disampaikan akademisi Ilmu Politik USU Faiz Albar Nasution. Dia menilai teriakan itu juga sangat wajar.

"Sebenarnya itu hal yang wajar melihat Bobby ini kan banyaklah harapan masyarakat. Jadi, melihat Kota Medan ini kan, para pemimpinnya korup, terus tidak membuat perubahan. Jadi memang masyarakat menanti-nanti perubahan itu," ujar Faiz.

Faiz menyebut harapan masyarakat kepada Bobby itu dilihat dari historis Mertuanya, Presiden Jokowi. Bobby dianggap bisa seperti demikian nantinya.

"Jadi harapannya (masyarakat) karena Mas Bobby ini adalah menantu Pak Presiden. Tentu masyarakat secara langsung, melihat secara historis ini mungkin akan menjadi seperti Pak Jokowi dulu. Tentu Bobby melakukan perubahan di Medan. Seterusnya nanti akan naik selevel di atas gubernur ataupun nanti bisa ke dalam konteks nasional. Jadi memang masyarakat melihat itu secara historis, harapannya," sebut Faiz.

Faiz menuturkan layak atau tidaknya bakal ditentukan oleh masyarakat sendiri. "Jadi bicara layak atau tidak layak, sebenarnya itu biarkan masyarakat yang menilai," ujar Faiz.

Bagaimana momen Bobby diteriaki 'gubernur' oleh pedagang? Simak halaman selanjutnya.

Lihat juga Video: Ada Aduan Pungli Jutaan di Kelurahan, Bobby Langsung Sidak

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2