542 Pemudik Kena Penyekatan Arus Balik di Depok Dites COVID, 2 Orang Reaktif

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 19 Mei 2021 23:54 WIB
Penyekatan arus balik di Sawangan, Depok
Foto: Penyekatan arus balik di Sawangan, Depok (Dok.Polsek Sawangan)
Depok -

Polisi menggelar penyekatan arus balik Lebaran 2021 sejak Minggu (16/5). Di wilayah Sawangan, Depok, tercatat sebanyak 542 pemudik yang terkena penyekatan selama 3 hari berjalan.

Para pemudik tersebut langsung dites COVID. Dari total 542 pemudik yang diswab antigen, 2 di antaranya dinyatakan reaktif COVID-19.

"Untuk yang hasilnya positif maupun reaktif, langsung diarahkan ke Puskesmas sesuai dengan alamat tempat tinggal," ujar Kapolsek Sawangan AKP Rio Mikael Tobing dalam keterangannya, Rabu (19/5/2021).

Hari pertama penyekatan arus balik di Sawangan pada Minggu (16/5), polisi menyekat 111 pemudik. Dari hasil pemeriksaan swab antigen, seluruhnya dinyatakan nonreaktif.

Selanjutnya, pada Senin (17/5), ada 121 pemudik yang tiba dan langsung diswab antigen. Hasilnya, satu orang dinyatakan reaktif.

Berikutnya, pada Selasa (18/5), 310 pemudik diswab antigen. Salah satu dari 310 orang dinyatakan reaktif COVID.

Pelaksanaan swab antigen ini dilaksanakan di pos penyekatan, maupun dengan mendatangkan petugas dari Kampung Tangguh Jaya.

"Pelaksanaan swab antigen di wilayah hukum Kecamatan Sawangan Bojongsari, dilaksanakan di pos penyekatan, dan di Polsek Sawangan, dan pelaksanaan mobile ke Kampung Tangguh Jaya di daerah Kecamatan Sawangan dan Bojongsari, swab antigen gratis untuk masyarakat," katanya.

Pemeriksaan swab antigen bagi pemudik ini dilakukan hingga 24 Mei mendatang. Rio menyebut pihaknya akan terus mengawasi pergerakan pemudik yang kembali ke Depok melalui Jalan Raya Parung.

"Kegiatan dilaksanakan hingga tanggal 24 guna mengantisipasi arus balik pemudik yang memasuki wilayah Depok melalui Jalan Raya Parung," pungkas Rio.

(ygs/mea)