Serba-serbi Vaksin Novavax yang Segera Dipakai di RI

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 19 Mei 2021 10:24 WIB
Vaksin Novavax 89% efektif atasi varian baru Covid-19 dalam uji klinis di Inggris
Ilustrasi Vaksin Novavax (Foto: BBC World)
Jakarta -

Vaksin Novavax menjadi salah satu dari dua vaksin yang rencananya akan ditambahkan dalam deretan jenis vaksin di Indonesia. Menurut rencana vaksin ini akan segera masuk ke RI pada Juni dan Juli mendatang.

"Nanti di bulan Juni dan Juli ada merk vaksin lain yaitu vaksin Novavax dan vaksin Pfizer, itu juga akan kita gunakan," kata Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi, Selasa (18/5/2021).

Lalu apa saja fakta-fakta terkait vaksin Novavax yang akan masuk Indonesia ini? berikut ulasannya.

Buatan AS

Vaksin Novavac merupakan vaksin buatan perusahaan yang berbasis di Maryland, Amerika Serikat.

Vaksin dengan sebutan VX-CoV2373 ini menggunakan platform protein subunit, yang diartikan terbuat dari protein virus Corona rekayasa untuk menginfeksi sel. Protein tersebut dikombinasikan dengan adjuvan Matrix-M Novavax untuk meningkatkan respons imun dari antigen protein.

Dikutip dari Very Well Health, vaksin Novavax ini bekerja dengan memasukkan protein yang memicu respons antibodi, yang bisa menghalangi virus Corona mengikat sel dan mencegah terjadinya infeksi.

Seperti kebanyakan vaksin corona lainnya, vaksin Novavax akan diberikan dua kali dengan rentang jarak selama 21 hari. Per dosisnya akan diberikan sebesar 0.5 ml.

Efikasi 96 Persen

Vaksin Novavax disebut 96 persen efektif cegah infeksi varian Corona asli, sementara vaksin ini terbukti 86 persen efektif atasi varian Inggris.

Dalam uji klinis berskala besar yang dilakukan di Inggris tersebut, diambil data gabungan orang yang terinfeksi virus Corona, dimana secara keseluruhan vaksin Novavax efektif hingga 90 persen. Para relawan vaksin tidak ada yang mengalami penyakit parah atau kasus kematian usai menerima vaksin Novavax.

Uji klinis fase ketiga itu melibatkan 15.000 relawan berusia 18-84 tahun dimana 27 persen di antaranya berusia di atas 65 tahun.

Dalam studi terbaru yang dirilis di New York England Journal of Medicine, vaksin Novavax memiliki efikasi hingga 51 persen untuk melawan corona varian Afrika Selatan di antara orang-orang yang HIV-negatif. Sementara untuk orang-orang yang HIV-positif, efikasinya sebesar 43 persen.

Pihak Novavax juga menyebut akan mulai membuat versi baru vaksin untuk melindungi dari varian-varian baru Corona. Uji klinis rencananya dilakukan di kuartal kedua tahun 2021 ini.

Harga yang Dipatok

Vaksin Novavax akan dipatok dengan harga sekitar USD 16 atau sekitar Rp 225.000 per dosis. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut pemerintah telah mengamankan sekitar 50 juta dosis vaksin jenis ini yang akan tersedia antara Juni 2021-Maret 2022.

Simak video 'Merek Vaksin Covid-19 yang Akan Digunakan Juni-Juli Mendatang':

[Gambas:Video 20detik]



(izt/imk)