detikcom Do Your Magic

Polisi Bakal Tangani Pemotor Penerobos Trotoar Tengah Jl Satrio Kuningan

Farih Maulana Sidik, Rakha Ariyanto Darmawan - detikNews
Selasa, 18 Mei 2021 19:50 WIB
Jakarta -

Pengendara sepeda motor menggunakan trotoar di kolong Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca, Jl Prof Dr Satrio, Kuningan, untuk parkir dan mangkal. Polisi berencana menindak para pemotor.

"Baik kami akan tindak lanjuti," ujar Kasubdit Gakkum Direktotar Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar, saat dihubungi, Selasa (18/5/2021).

Di Jl Prof Dr Satrio, terdapat satu Pos Polisi Lalu Lintas di seberang Mal Ambasador dan Pos Pengamanan Operasi Ketupat Jaya 2021 Polsek Metro Setiabudi. Di Pos Polisi Lalu Lintas, terdapat seorang petugas.

Situasi di median jalan kolong JLNT Casablanca, Jl Prof Dr Satrio, Kuningan, Jaksel, ada pos polisi, banyak pemotor parkir. (Rakha AD/detikcom)Situasi di median jalan kolong JLNT Casablanca, Jl Prof Dr Satrio, Kuningan, Jaksel, ada pos polisi, banyak pemotor parkir. (Rakha AD/detikcom)

Namun, tak jauh dari Pos Lalu Lintas, terdapat pengendara ojek online (ojol) dan pemotor lainnya parkir di sepanjang trotoar.

Diketahui, para pemotor masuk ke area trotoar lewat celah pada putar balik jalan (U-turn) di seberang Ciputra World 1. Ada sebuah batu yang ditaruh di pinggir area U-turn untuk membantu pemotor menaikkan motornya ke trotoar.

Area tersebut kini menjadi tempat langganan pemotor bandel masuk ke trotoar usai terpasang 12 portal 'S' di sejumlah titik. Sebelum adanya portal 'S' tersebut, biasanya para pemotor masuk ke trotoar dan berputar balik di area tersebut.

Kondisi trotoar di kolong JLNT Casablanca, Kuningan. Pemotor naik melalui celah di putar balik.Kondisi trotoar di kolong JLNT Casablanca, Kuningan. Pemotor naik melalui celah di putar balik. (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)

Selain itu, tidak ada petugas yang berjaga di sekitar lokasi U-turn, tempat para pemotor bandel masuk ke area trotoar.

Saat ini terpantau arus lalu lintas di Jl Prof Dr Satrio ramai lancar. Tidak ada penumpukan kendaraan.

(aik/dnu)