Omelan Bahasa Inggris Emak-emak di NTB Saat Ditertibkan: Come On, No Problem!

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 18 Mei 2021 17:08 WIB
Jakarta -

Sebuah video menunjukkan seorang emak-emak yang diduga pedagang di kawasan wisata Mandalika, Lombok Tengah, NTB mengomel beredar di media sosial. Uniknya emak-emak tersebut marah menggunakan bahasa Inggris ketika diminta untuk tidak berkerumun.

Video yang beredar berdurasi selama 29 detik menunjukkan seorang emak-emak berjilbab dengan suara keras mengomel. Dia menjawab petugas yang sempat memintanya untuk pulang sambil memvideokan dirinya dengan bahasa Inggris.

"You no understand, but you take picture with me no problem, .... (tak terdengar) come on you want take picture everyday no problem, until one million picture no problem, i am happy," ucap emak-emak dalam video tersebut.

Gelak tawa para pengunjung pun terjadi lantaran mendengar kata-kata emak-emak tersebut dalam bahasa Inggris.

Namun demikian, bukannya meninggalkan lokasi, emak-emak tersebut justru sempat menyuruh para pengunjung untuk berenang di lokasi wisata tersebut. Petugas aparat yang berada di lokasi pun tidak menghiraukan dan tetap meminta warga untuk pulang dan tidak berkerumun.

"Bapak, Ibu, pulang dulu," kata salah satu petugas dengan pengeras suara.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kabid Humas Polda NTB Kombes Artanto. Dia mengungkapkan peristiwa itu terjadi pada Sabtu (15/5) lalu saat petugas sedang memberikan imbauan kepada warga yang berkerumun.

"Infonya anggota polisi sedang memberi imbauan kepada masyarakat lokal dan pedagang agar tidak berkerumun di sekitar pantai Kuta Mandalika guna menghindarkan dari penyebaran COVID-19 pada hari Sabtu kemarin," ujar Artanto saat dihubungi detikcom, Selasa (18/5/2021).

Artanto mengatakan persoalan tersebut tidak berlangsung lama. Warga dan para pedagang kemudian tetap mematuhi aturan yang diimbau petugas.

(maa/imk)