Larangan Mudik Berakhir, Pemudik ke Sumatera Padati Pelabuhan Merak

M Iqbal - detikNews
Selasa, 18 Mei 2021 14:46 WIB
Pemudik mengantre saat tes GeNose di Pelabuhan Merak, Selasa (18/5)
Pemudik mengantre saat tes GeNose di Pelabuhan Merak, Selasa (18/5) (M Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Pemudik tampak memenuhi Pelabuhan Merak setelah larangan mudik berakhir. Mereka akan menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung, untuk pulang ke kampung halaman di Pulau Sumatera.

Penumpukan penumpang terjadi di loket tiket dan lokasi tes GeNose. Antrean penumpang mulai tampak sejak pukul 12.00 WIB. Mereka mengantre untuk melaksanakan tes GeNose sebagai persyaratan untuk bisa naik ke kapal.

Mayoritas penumpang berasal dari Jakarta, Tangerang, dan Jawa Barat. Mereka sengaja melakukan perjalanan mudik setelah larangan mudik berakhir pada 17 Mei kemarin.

"Kemarin kan nggak bisa mudik sama sekali, jadi sekarang mudiknya kan udah tanggal 18," kata salah seorang penumpang asal Jakarta, Lina (47), di Pelabuhan Merak, Selasa (18/5/2021).

Lina mengatakan dia berangkat dari Jakarta sengaja untuk mudik ke Lampung menggunakan bus. Sempat ada pemeriksaan oleh petugas pos penyekatan terhadap bus yang dinaikinya. Namun bus yang ditumpanginya diperbolehkan melanjutkan perjalanan ke Merak.

"Dari Jakarta naik bis, ada pos penyekatan, tapi dibolehin lewat kan udah tanggal 18," kata dia.

Penumpang lain asal Tangerang, Iwan (29), sengaja mudik ke Lampung seusai larangan mudik berakhir. Dia tak sempat mudik Lebaran karena terhalang larangan mudik.

"Antre-antre juga nggak apa lah, biar bisa pulang ke Bandar Lampung," ujarnya.

Lihat juga Video: Satgas Menilai Larangan Mudik Menurunkan Mobilitas Masyarakat

[Gambas:Video 20detik]

(bal/lir)