detikcom Do Your Magic

'Before-after' Proyek Anti-banjir di Jl RE Martadinata Ancol

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 18 Mei 2021 12:41 WIB
Masalah banjir Jl RE Martadinata Tuntas.
Masalah banjir Jl RE Martadinata Tuntas (Luthfy Syahban)
Jakarta -

Jl RE Martadinata, Ancol, Jakarta Utara beberapa kali tergenang banjir karena Kali Ancol meluap atau ada hujan deras. Kini, proyek anti-banjir telah selesai dan dinilai efektif mengatasi masalah. Bagaimana penampakan kondisi sebelum dan setelah proyek anti-banjir ini?

Banjir di Jl RE Martadinata dilaporkan oleh detikcom Do Your Magic pada 7 Januari lalu. Saat itu, air Kali Ancol meluap karena rob dan efek hujan lebat.

Air setinggi sekitar 30 cm menggenangi Jl RE Martadinata hingga Jembatan Lodan. Air dari kali meluap melalui celah-celah jembatan.

Sejumlah kendaraan menerobos genangan di Jalan Martadinata Ancol, Jakarta. Jalan ini tergenang akibat Kali Ancol meluap.Sejumlah kendaraan menerobos genangan di Jalan Martadinata Ancol, Jakarta. Jalan ini tergenang akibat Kali Ancol meluap. Foto: Pradita Utama

Petugas suku Dinas pada 8 Januari lalu menambal sela-sela jembatan dengan karung pasir. Namun upaya itu gagal meredam luapan air. Air yang berada di jalan pun tidak bisa mengalir ke sungai.

Karung tidak bisa menahan banjir di Jalan R.E Martadinata, Ancol, Jakarta UtaraKarung tidak bisa menahan banjir di Jalan R.E Martadinata, Ancol, Jakarta Utara Foto: Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom

Kemudian, dibuatlah instalasi anti-banjir dengan membuat kolam olakan, tali air, dan perbaikan jembatan. Penambalan jalan yang cekung juga dilakukan. Hampir empat bulan proyek dikerjakan, proyek itu pun selesai dan dianggap efektif mengatasi banjir.

Proyek selesai sebelum lebaran. Empat hari setelah lebaran, tepatnya Selasa (18/5/2021), kawasan ini diguyur hujan deras sejak malam. Hujan deras ini menjadi ujian efektivitas proyek anti-banjir yang baru saja selesai. Ternyata, genangan yang muncul tak bertahan lama dan tidak menjadi banjir seperti awal tahun, Januari lalu.

Pompa air untuk mengalirkan genangan ke kolam olakan di Jl RE Martadinata-Jembatan Lodan, 18 Mei 2021. (Rakha/detikcom)Pompa air untuk mengalirkan genangan ke kolam olakan di Jl RE Martadinata-Jembatan Lodan, 18 Mei 2021. (Rakha/detikcom)

Berikut adalah penampakan sebelum (before) dan sesudah (after) ada proyek anti-banjir di Jl RE Martadinata:

Selanjutnya
Halaman
1 2