Terminal di DKI Kembali Beroperasi Besok, Penumpang AKAP Tetap Dites COVID

karin Nur Secha - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 23:22 WIB
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo.
Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta kembali membuka seluruh terminal yang ada di Ibu Kota besok. Kembali beroperasinya terminal di DKI itu setelah aturan larangan mudik Lebaran berakhir hari ini.

"Mulai besok tanggal 18 (Mei) terminal Kampung Rambutan dan terminal Tanjung Priok itu akan beroperasi normal," ujar Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dikonfirmasi, Senin (17/5/2021).

Pada masa larangan mudik, hanya dua terminal yang beroperasi di DKI Jakarta. Dua terminal itu adalah Terminal Kalideres dan Terminal Pulogebang.

Meski demikian, para penumpang bus AKAP nantinya akan tetap diminta menunjukkan surat bebas COVID-19. Syafrin mengatakan pihaknya akan meminta penumpang AKAP yang tidak memiliki surat bebas Corona menjalani tes menggunakan GeNose.

"Karena sudah selesai kan larangan mudik, sehingga besok ketika terminal itu akan operasional kami akan laksanakan pola yang sama," kata Syafrin.

"Kami siapkan ada GeNose. Semua yang belum dilengkapi dengan surat rapid test atau GeNose maka semuanya akan dilaksanakan pemeriksaan," lanjutnya.

Syafrin berharap, dengan adanya kebijakan tersebut, nantinya akan terintegrasi dengan pelaksanaan yang sama di seluruh terminal yang melayani perjalanan antar kota antar provinsi (AKAP) di wilayah Jabodetabek.

"Saya sudah sampaikan ini ke sekretaris BPTJ, seperti Poris Plawad, Jatijajar, kemudian di Terminal Baranangsiang, satu lagi di Tangsel. Itu juga diharapkan menerapkan pola yang sama sehingga screening untuk para pelaku perjalanan ini bisa dilaksanakan secara terintegrasi. Tidak hanya fokus DKI tapi area Jabodetabek juga dilakukan," jelasnya.

Menanggapi banyaknya bus yang mengangkut-menurunkan penumpang di terminal bayangan, Syafrin mengaku pihaknya akan melakukan pengawasan ketat. Para petugas telah ditempatkan di lokasi terminal bayangan.

"Kami tentu bersama-sama dengan kepolisian akan melaksanakan operasi gabungan. TNI-Polri, Dishub, Satpol PP (ditempatkan) pada lokasi-lokasi yang disinyalir menjadi titik menurunkan penumpang. Sebelum sampai ke terminal itu akan dijaga oleh petugas kemudian bus yang akan menurunkan petugas itu akan diarahkan sampai ke terminal. Begitu penumpang sampai di terminal tentu akan dilakukan pemeriksaan oleh petugas," katanya.

Diketahui, larangan mudik Lebaran berakhir pada 17 Mei 2021 hari ini. Meski demikian, pos penyekatan ke arah Jakarta pada masa arus balik dilakukan hingga 24 Mei 2021.



Simak Video "Polda Metro Dirikan 12 Pos Pemeriksaan, Pemudik Wajib Tunjukan Surat Bebas Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(man/man)