Round-Up

Polemik Panjang Politikus PKS Mara Jaksa Dipecat Gegara Kasus Asusila

Tim detikcom - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 21:31 WIB
Anggota DPRD Sumut F-PKS Mara Jaksa Harahap (dok. DPRD Sumut)
Mara Jaksa Harahap (dok. DPRD Sumut)
Jakarta -

Mara Jaksa Harahap dipecat dari partainya, PKS, gara-gara masalah kasus asusila. Namun, kasus ini menimbulkan polemik panjang.

Mara Jaksa adalah anggota DPRD Sumatera Utara. Dia diberhentikan dari partainya berdasarkan keputusan Majelis Tahkim (Mahkamah Partai), 16 September 2020 lalu.

Kasus asusila menjadi latar belakangnya. Hal ini dijelaskan oleh Ketua Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan DPW PKS Sumut, Muhammad Taufik Nasution. Dia menjelaskan, sebenarnya ini lebih dari perkara moral dan etika namun sudah masuk ke pidana. Hanya saja, PKS memprosesnya sebagai pelanggaran etika dan moral. Pihak yang bisa memutuskan perkara pidana tentu saja bukan partai.

detikcom melihat salinan putusan sidang Mara Jaksa Harahap di Pengadilan Negeri (PN) Medan. Sebagaimana tercantum dalam dokumen putusan itu, duduk perkara masalah ini adalah beredarnya foto Mara dengan seorang wanita. Mara membantah kebenaran foto itu.

"Jadi ini kan sebenarnya seperti langkah ke pembunuhan karakter," kata kuasa hukum Mara, Muhammad Iqbal Sinaga, Senin (17/5/2021).

Pemecatan Mara Jaksa kemudian dilakukan PKS. Partai itu melandaskan keputusannya sesuai rekomendasi dari Penegak Disiplin Organisasi (BPDO) PKS. Rekomendasi itu sudah dilayangkan sejak 27 September 2019 lalu.

"Benar (Mara Jaksa dipecat). Keputusan pemberhentian tersebut berdasarkan laporan masyarakat kepada PKS berhubungan dengan masalah moral, etika dan pelanggaran AD/ART," kata Kabid Humas DPW PKS Sumut, Syaiful Ramadhan, Minggu (16/5) kemarin.

Lihat juga video 'PKS soal KPK Nonaktifkan Novel Baswedan: Aneh!':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya, Mara melawan:

Selanjutnya
Halaman
1 2