Pelaku Perjalanan ke Bali Bakal Di-swab Antigen Secara Acak

Sui Suadnyana - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 13:08 WIB
Ilustrasi penumpang di Bandara Ngurah Rai
Foto untuk ilustrasi: Kedatangan penumpang di Bandara Ngurah Rai, Bali (Dok. Bandara Ngurah Rai)
Denpasar -

Pelaku perjalanan ke wilayah Bali akan di-swab antigen secara acak demi menekan penyebaran COVID-19. Kebijakan ini mulai berlaku dari 18 hingga 24 Mei 2021.

"Kita juga akan lakukan itu (rapid test antigen secara acak), makanya hari ini kita baru selesai melakukan rapat dengan instansi terkait dalam rangka persiapan untuk melakukan itu. Jadi nanti akan ada, walaupun dia sudah punya swab antigen, tapi kalau suhu tubuhnya tinggi misalnya, secara random nanti akan kita lakukan swab ulang nanti," kata Dirlantas Polda Bali Kombes Indra, Senin (17/5/2021).

Indra mengatakan rapid test secara acak ini bakal dilakukan di seluruh pintu masuk Bali, baik melalui Pelabuhan Gilimanuk, Pelabuhan Padangbai, maupun Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

"Jadi semua orang yang masuk Bali nanti kita periksa semuanya, mereka turun kapal nanti akan kita periksa, periksa suhu tubuhnya, periksa surat-suratnya. Nanti akan dilakukan rapid antigen di sana secara random di sana," tegasnya lagi.

Bagi mereka yang positif bakal ditempatkan pada tempat isolasi yang sudah disiapkan oleh pemerintah daerah.

Kombes Indra menjelaskan, larangan mudik memang berlaku dari 6 sampai 17 Mei 2021. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah.

Sementara dari 18 sampai 24 Mei pihaknya masih melakukan pengetatan bagi pelaku perjalanan. Hal itu sesuai dengan Adendum Surat Edaran Kepala Satuan Tugas Nomor 13 Tahun 2021 Larangan Mudik Hari Raya Idul Fitri dan Pengendalian COVID-19 selama bulan suci Ramadhan 1442 H.

"Kalau sudah lewat tanggal itu (6-17 Mei 2021), kita melakukan pengetatan orang yang masuk Bali dengan mengecek bahwa benar yang bersangkutan sudah bebas COVID-19," terang Indra.

(nvl/nvl)