Round Up

Seruan Agar Indonesia Lebih Aktif Bela Palestina Kian Mengemuka

Tim Detikcom - detikNews
Minggu, 16 Mei 2021 22:20 WIB
Warga Palestina yang tewas akibat gempuran Israel bertambah lagi. Kini korban warga Palestina yang tewas melebihi 100 orang.
Warga Palestina Tewas Akibat Gempuran Israel (AP Photo)
Jakarta -

Sejumlah tokoh politik hingga tokoh agama menyerukan agar pemerintah Indonesia lebih berperan aktif membela Palestina di kancah dunia. Hal itu merespon serangan tentara Israel di Yerusalem dan Jalur Gaza yang mengakibatkan ratusan jiwa warga Palestina, termasuk anak-anak dan perempuan meninggal dunia.

Salah satu dorongan agar pemerintah RI berperan aktif membela Palestina datang dari PAN. PAN meminta pemerintah Indonesia membantu Palestina dengan bantuan nyata.

"Sikap tegas pemerintah Indonesia perlu direalisasikan lebih lanjut dalam bentuk aksi, baik berupa bantuan fisik untuk warga Palestina, maupun dalam bentuk embargo terhadap barang dan jasa dari Israel atau para pendukung agresi tentara Israel di Al-Aqsa," kata Sekjen PAN Eddy Soeparno kepada wartawan, Minggu (16/5/2021).

Walaupun sejumlah negara adidaya seperti Amerika Serikat sudah menyatakan dukungan terhadap Israel, PAN menegaskan tragedi kemanusiaan di Al-Aqsa bukan menyangkut kepentingan atau keberpihakan. Menurutnya, Palestina harus menikmati hak hidup di tanah air sendiri.

"Tragedi di Masjid Al-Aqsa sepenuhnya menyangkut keadilan, perikemanusiaan dan yang terpenting hak warga Palestina untuk dapat hidup bebas di tanah airnya sendiri!" tegas Wakil Ketua Komisi VII DPR RI ini.

Eddy Soeparno menyebut semua prinsip-prinsip yang menjadi tumpuan dasar berdirinya NKRI, seperti kemanusiaan, kedaulatan, keadilan, menghapus penjajahan dari muka bumi, dilanggar secara masif dan terang-terangan oleh Israel

"Karena itu mari kita yang ada di Indonesia ikut membantu meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Palestina, minimal melalui doa yang dipanjatkan setiap saat. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan pertolongan dan perlindungan-Nya kepada saudara dan anak-anak kita di Palestina," jelas Eddy.

Tak hanya PAN, Partai Gerindra mendesak pemerintah RI menyampaikan protes keras terhadap aksi Israel ke Palestina. Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengutuk keras aksi serangan Israel ke warga Palestina, ia menyebut serangan Israel bukan hanya kejahatan kemanusiaan, tetapi juga tragedi yang harus secepatnya dihentikan.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra ini mendesak pemerintah RI melancarkan protes keras dan turut berperan aktif menyuarakan kedamaian atas nama negara. Dasco mengungkit konstitusi dan tujuan Indonesia merdeka.

"Konstitusi kita jelas mengatakan bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Dan tujuan Indonesia merdeka juga salah satunya, melindungi segenap tumpah darah, menjaga ketertiban dunia berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan sosial. Amanat konstitusi kita harus disuarakan dengan lantang di tingkat internasional," ujar Dasco.

Dasco meminta seluruh masyarakat turut serta menyuarakan perdamaian meski tidak turun ke jalan. Masyarakat dimintanya mendoakan korban tragedi peperangan dan mendoakan ketenteraman dunia.

"Cara yang paling tepat kita lakukan saat ini adalah mendoakan agar dunia senantiasa dipayungi kedamaian, baik itu kedamaian di Palestina, kedamaian di Indonesia, maupun kedamaian di seluruh dunia," kata Dasco.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3