291 Wisatawan Dites Swab di Dermaga Kali Adem, 1 Orang Reaktif

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 15 Mei 2021 18:48 WIB
Polisi tes swab wisatawan di Dermaga Kali Adem, Jakarta Utara
Polisi melakukan tes swab terhadap wisatawan di Dermaga Kali Adem, Jakarta Utara. (Foto: dok. Polsek Sunda Kelapa)
Jakarta -

Polisi melakukan swab antigen terhadap para wisatawan di Dermaga Kali Adem, Jakarta Utara. Dari 291 penumpang yang di-swab test, 1 orang dinyatakan reaktif.

"Jumlah untuk layanan swab antigen 1.000 kit dengan jumlah yang di-swab antigen 291 penumpang dan satu reaktif," kata Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Putu Kholis Aryana dalam keterangannya, Sabtu (15/5/2021).

Satu wisatawan reaktif adalah seorang mahasiswa asal Cikarang, Kabupaten Bekasi. Dia datang bersama enam rekannya.

Setelah satu orang dinyatakan reaktif, petugas pun mengevakuasi enam orang lainnya. Enam penumpang tersebut diketahui merupakan teman satu kelompok warga yang reaktif tersebut.

"Satu orang wisatawan reaktif COVID-19 dan yang bersangkutan kita amankan dengan enam orang lainnya ke puskesmas terdekat untuk isolasi. Enam orang itu diamankan karena bersama satu orang yang reaktif," terang Putu.

Lebih lanjut Putu mengatakan, kegiatan swab test kepada wisatawan yang menuju Kepulauan Seribu melalui dermaga di wilayah hukum Pelabuhan Tanjung Priok akan terus dilakukan. Kebijakan itu akan berlaku hingga sepekan setelah Lebaran.

"Ini dilaksanakan mengingat semakin meningkatnya masyarakat dan para wisatawan yang menuju Kepulauan Seribu dengan menggunakan sarana kapal laut melalui Dermaga Kali Adem Muara Angke. Tindakan tersebut upaya pencegahan penyebaran COVID-19," pungkas Putu.

(ygs/mea)