Polisi Pantau Situasi Tempat Wisata Ragunan dan Ancol Via Udara

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 15 Mei 2021 17:32 WIB
Pantauan Patroli Udara di Ancol dan Ragunan (dokumentasi polisi)
Pantauan patroli ydara di Ancol dan Ragunan (Foto: dok. polisi)
Jakarta -

Kerumunan warga sempat terjadi di beberapa tempat wisata di Jakarta selama libur Lebaran. Hasil patroli udara yang dilakukan kepolisian pagi ini, dua lokasi wisata masing-masing Ancol dan Ragunan tergolong kondusif.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo hari ini melakukan patroli udara bersama Kakorpolairud Baharkam Polri Irjen Verdianto. Keduanya meninjau dua lokasi wisata tersebut, yang kemarin sempat dipadati pengunjung.

"Hasil pantauan tadi untuk Ancol memang hari ini sudah ditutup dan kami sudah melihat dari udara kondisinya sepi, di pantai juga sepi," kata Sambodo saat mengunjungi pos pemeriksaan arus balik Lebaran di Km 34b Tol Jakarta-Cikampek, Sabtu (15/5/2021).

Sambodo mengatakan, dari patroli udara, memang terlihat beberapa pengunjung yang berada di gerbang masuk Ancol. Warga tersebut yang belum mengetahui kebijakan penutupan Ancol pada hari ini.

"Di gerbang ada beberapa masyarakat yang belum tahu, tapi diberi edukasi, diberi pemahaman bahwa Ancol tutup," katanya.

Hal serupa terjadi saat patroli udara mengecek kondisi tempat wisata Ragunan. Dia menyebut tidak ada antrean di tempat wisata tersebut.

"Kami tadi melihat ke Ragunan juga sepi di depan gerbang tidak ada antrean. Karena pengunjung dibatasi sampai 15 ribu sehingga kita lihat tadi terkendali aman," ujarnya.

Untuk diketahui, sejumlah tempat wisata di Jakarta memang dipadati warga yang tidak bisa mudik Lebaran tahun ini. Kawasan wisata Ancol, Jakarta Utara, hari ini ditutup setelah sebelumnya 'diserbu' lebih dari 40 ribu pengunjung.

Pengelola memutuskan menutup Ancol hari ini untuk penguatan protokol kesehatan. Ancol akan kembali dibuka pada Selasa (18/5).

(ygs/zap)