Round-Up

Menelisik Makna Pertemuan Anies-Zulhas Saat Lebaran

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 15 Mei 2021 09:42 WIB
Anies Baswedan Berkunjung ke Kediaman Zulhas
Zulhas bertemu dengan Anies Baswedan. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Kamis malam lalu Ketua Umum (Ketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menggelar pertemuan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Ada makna dari pertemuan itu.

Dirangkum detikcom, Sabtu (15/5/2021), Anies dan Zulkifli disebut membicarakan isu-isu nasional yang akhir-akhir ini terjadi. Zulkifli menyebut sebetulnya undangan terhadap Anies sudah lama disampaikan. Namun undangan itu baru bisa terlaksana.

"Sebenarnya saya mengundang Pak Anies pertengahan Ramadhan lalu. Tapi, karena saya ada program iktikaf, makanya baru bisa terlaksana hari ini," kata Zulkifli.

Tak hanya membahas isu nasional, Zulkifli mengaku sempat membahas pandemi Corona bersama Anies. Meski demikian, Zulkifli memastikan pembicaraan belum mengarah pada Pilpres 2024.

Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs (Indostrategic) Ahmad Khoirul Umam mengulas sikap PAN kepada pemerintah dan hitung-hitungan politik praktisnya. Umam pertama-tama menyoroti sikap PAN yang disebutnya masih mengharapkan jatah kabinet demi penegasan perbedaan posisi dengan Partai Ummat gagasan Amien Rais--pendiri PAN.

"Pertama, agresif di belakang layar menunjukkan dukungannya kepada pemerintah, dengan harapan mendapatkan jatah kursi menteri di kabinet," kata Umam kepada wartawan.

"Sikap PAN yang masih tetap berharap jatah kursi mengindikasikan bahwa PAN tidak kuat berpuasa dari kekuasaan; PAN ingin menunjukkan titik beda dengan Partai Ummat-nya Amien Rais yang berseberangan dengan kekuasaan; dan PAN ingin mengamankan gerbong politiknya agar tidak semakin dipecah belah oleh tangan-tangan tak terlihat (the invisible hand)," ujarnya.

Umam mengatakan dukungan PAN kepada pemerintah sejauh ini belum berbuah apa-apa. Karena itu, PAN, disebutnya, mencari strategi baru, salah satunya dengan mendekati Anies Baswedan.

"Kedua, pendekatan politik PAN ke penguasa yang masih bertepuk sebelah tangan membuat mereka berusaha mencari formula baru aliansi politik menjelang 2024. Karena itu, pertemuan Anies dan Zulhas bisa dianggap sebagai upaya penjajakan potensi aliansi politik tersebut," ujarnya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Simak Video: Momen Pertemuan Anies dan Zulkifli Hasan, Apa yang Dibahas?

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2