PDIP DKI Anggap Larangan Ziarah Lebaran di Jakarta Gagal Total!

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Sabtu, 15 Mei 2021 07:16 WIB
Ketua Fraksi DPRD DKI Gembong Warsono
Gembong Warsono (Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah warga berusaha menjebol pagar TPU Tegal Alur, Jakarta Barat, karena adanya larangan berziarah. Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono menganggap kebijakan larangan berziarah oleh Pemprov DKI gagal total.

"Gagal total. Karena tidak dibarengi dengan sosialisasi yang masif dan pengawasan di lapangan yang ketat," ujar Gembong, Jumat (14/5/2021).

Menurutnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan seharusnya membuat kajian terlebih dahulu sebelum membuat kebijakan larangan berziarah. Gembong mengatakan, apabila kajian itu sudah dilakukan dengan baik, implementasi di lapangan akan sesuai dengan yang diharapkan.

"Sebelum Gubernur menerbitkan kebijakan, semestinya sudah dilakukan kajian yang mendalam, sehingga kebijakan itu dapat diimplementasikan di lapangan sesuai target yang diinginkan. Saya yakin Anies sudah paham betul kultur warga Jakarta, setiap habis Lebaran mereka pada ziarah ke makam," katanya.

Wakil Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta Nova Paloh mengatakan seharusnya Pemprov DKI Jakarta melakukan pembatasan peziarah tanpa harus membuat larangan. Dia meminta Pemprov DKI menghadirkan petugas untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan saat warga berziarah.

"Saya rasa bisa diaturlah ketika kita mungkin mengadakan ritual untuk ziarah itu kan bisa diatur seperti apa, masuk pemakaman harus pakai masker, menjaga jarak dan di dalamnya ada penjaga pemakaman (yang mengawasi)," ujar Nova.

Sekretaris Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta, Nova Harivan PalohNova Harivan Paloh (dok. Istimewa)

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Simak Video: Warga DKI Tetap Ziarah Meski Ditutup, Anies: Petugas Kita Perbanyak

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2