Banjir di Satui Kalsel, Belasan Ribu Orang Terdampak

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 14 Mei 2021 18:49 WIB
Anggota Polsek Satui, Polres Tanah Bumbu melakukan evakuasi terhadap warga terdampak banjir. (ANTARA/Firman/am)
Anggota Polsek Satui Polres Tanah Bumbu melakukan evakuasi terhadap warga terdampak banjir. (ANTARA/Firman/am)

Dijelaskan dia, beberapa desa seperti Desa Jombang, Satui Timur, Sinar Bulan dan Sungai Danau ketinggian air masih sekitar 2 meter dari batas normal, karena lokasi tersebut berada di bantaran Sungai Satui sehingga sebagian besar pemukiman warga tergenang air dengan ketinggian sekitar tiga meter.

Sedangkan wilayah Desa Sejahtera Mulia ketinggian air sudah turun dan akses jalan bisa dilalui dengan normal.

Untuk wilayah Desa Sinar Bulan, air terus naik sehingga menggenangi Jalan Provinsi Km 164 RT 8 sepanjang 300 meter dengan ketinggian sekitar 20 centimeter, namun arus lalu lintas jalur Banjarmasin ke Batulicin masih lancar.

"Banjir diakibatkan karena adanya hujan dengan intensitas tinggi sejak hari Rabu sehingga mengakibatkan sungai Satui meluap," beber Parman.

Dalam upaya membantu penanggulangan banjir, Polsek Satui bersama Koramil Satui dan Posal Sungai Danau mendirikan posko banjir dan dapur umum. Dikerahkan pula sarana dan prasarana Satuan Polair dan tim SAR Satuan Sabhara Polres Tanah Bumbu, jajaran Polda Kalsel untuk melaksanakan evakuasi warga.

"Kami melakukan imbauan kepada warga yang berada di bantaran sungai agar selalu waspada apabila terjadi banjir susulan karena curah hujan diperkirakan masih tinggi dalam beberapa hari ke depan," kata Parman.


(dnu/dnu)