Warga Mentawai Ngungsi Imbas Guncangan Gempa Nias Barat

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Jumat, 14 Mei 2021 17:16 WIB
Ilustrasi gempa bumi (iStock)
Ilustrasi gempa bumi (iStock)
Nias Barat -

Masyarakat di sejumlah daerah di Provinsi Sumatera Barat dan Sumatera Utara merasakan guncangan kuat gempa magnitudo (M) 6,7 di Nias Barat. Warga pun dilaporkan mengungsi ke tempat lebih aman.

"Laporan dari BPBD di kabupaten Mentawai disampaikan bahwa masyarakat sempat mengungsi ke tempat lebih aman. Kemudian sebagian masyarakat yang mengungsi telah kembali ke rumah masing-masing, namun masih terdapat pengungsi yang bertahan," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam jumpa pers virtual, Jumat (14/5/2021).

Dwikorita mengungkapkan, sejauh ini belum ada informasi dampak akibat gempa bumi yang mengguncang Nias Barat itu.

"Sejauh ini belum ada informasi dampak akibat gempa bumi tersebut. Satgas relawan BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai di Desa Simalegi, Kecamatan Siberut Barat, terus mengimbau masyarakat agar selalu waspada," tuturnya.

Untuk diketahui gempa M 6,7 mengguncang Nias Barat, Sumatera Utara, siang ini. Tercatat ada 9 kali gempa susulan setelah gempa pertama.

Sejumlah wilayah di Sumut dan Sumatera Barat pun turut merasakan guncangan gempa. Salah satu wilayah yang merasakan guncangan gempa itu yakni Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumbar.

Desa Tuapaja, Kecamatan Sipora Utara mencatat 2-3 detik gempa dirasakan. Sedangkan di Desa Simalegi, Kecamatan Siberut Barat, warga merasakan guncangan gempa selama 4-5 detik.

(mae/imk)