Ternyata ini Alasan Emak-emak di Sumbar Pakai 'Masker' Plastik Kresek

Audrey Santoso - detikNews
Jumat, 14 Mei 2021 15:37 WIB
Ulah emak-emak berkendara dengan masker plastik kresek di Sumbar
Ulah emak-emak berkendara dengan masker plastik kresek di Sumbar. (Tangkapan layar video viral)
Jakarta -

Emak-emak di Sumatera Barat (Sumbar) yang pakai plastik kresek sebagai 'masker' merupakan pedagang di Pasar Lubuk Buaya, Padang. Dia nekat menggunakan plastik kresek sebagai 'masker' karena ada razia polisi dalam rangka penerapan disiplin protokol kesehatan (prokes).

"(Kejadian) itu dalam rangka operasi protokol kesehatan (prokes). Ditemukan itu (emak-emak pakai masker dari plastik kresek), terus dikasih masker (oleh polisi)," jelas Kabid Humas Polda Sumatera Barat (Sumbar) Kombes Satake Bayu Setianto ketika dimintai konfirmasi detikcom, Jumat (14/5/2021).

Bayu menerangkan, berdasarkan informasi, emak-emak hendak berkendara, namun tak membawa masker. Di saat yang sama, emak-emak itu melihat operasi prokes. Akhirnya ia panik dan memakai plastik kresek sebagai pengganti masker agar bisa berkendara.

"Informasinya (emak-emak) di pedagang di situ. Mungkin dia panik karena nggak pakai masker, lihat ada kegiatan operasi prokes. Dia nggak bawa masker, yang adanya plastik kresek," ujar Bayu.

Bayu menyebut kejadian emak-emak bermasker plastik kresek itu terjadi pada Senin, 10 Mei kemarin.

Sebelumnya diberitakan, seorang emak-emak nekat menjadikan kantong kresek sebagai 'masker' dan mengendarai sepeda motor. Polisi lalu mencegat emak-emak yang sedang melintas di jalanan.

Aksi emak-emak tersebut terekam dalam video berdurasi 6 detik yang viral di medsos. Dari video yang dilihat detikcom pada hari ini, nampak emak-emak berbaju biru tua itu mencoba menjelaskan ke polisi alasannya mengenakan masker dari kantong kresek.

Polisi yang mencegat si emak-emak itu pun tertawa geli. Malahan seorang polisi lainnya berpose dengan jempol mengacung di samping emak-emak bermasker kantong kresek itu.

Tonton juga Video: Duh! Polisi Ciduk Pengendara Tak Pakai Masker di Penyekatan Tasik

[Gambas:Video 20detik]

(aud/hri)