Tunda Sungkem ke Ibu, Mahfud Md Lebaran di Rumah Dinas

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Kamis, 13 Mei 2021 11:48 WIB
Mahfud Md berlebaran di rumah dinas
Mahfud Md berlebaran di rumah dinas (Foto: Dok. Kemenko Polhukam).
Jakarta -

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menunda pulang kampung di Lebaran 2021 kali ini. Mahfud Md tidak bisa menjalankan tradisi masyarakat Madura yakni sungkeman.

"Dalam tradisi masyarakat Madura, suasana Lebaran tepatnya usai melaksanakan sholat Ied, biasanya dimanfaatkan untuk sungkeman dan berkumpul dengan keluarga. Tapi karena masih dalam suasana pandemi COVID, kita harus menunda sungkem ke ibu dan merayakan Lebaran bersama keluarga seperti dalam kondisi normal," ujar Mahfud MD usai menjadi imam Sholat Ied di Rumah Dinas Kemenko Polhukam, Jakarta Selatan, Kamis (13/5).

Pelaksanaan sholat Ied di rumah dinas Mahfud Md digelar secara terbatas dan dengan protokol kesehatan yang ketat. Dalam kesempatan ini, Mahfud Sholat Ied bersama istri, anak dan beberapa staf serta ajudan.

Mahfud berpesan, tanpa mengurangi semangat silaturahmi, masyarakat dapat meminimalisir mobilitas dan kerumunan agar pandemi COVID-19 cepat berlalu.

"Sesuai dengan anjuran pemerintah, mari kita sama-sama menjaga dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Mudah-mudahan Allah selalu melindungi dan memberi kesehatan bagi kita semua," ujar Mahfud.

Untuk diketahui, pemerintah melarang mudik Idul Fitri 2021 selama 6 Mei hingga 17 Mei 2021. Seluruh moda transportasi dilarang beroperasi pada tanggal tersebut.

Aturan larangan mudik ini disampaikan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri.

"Kemenhub telah menerbitkan peraturan Menhub No PM 13 tahun 2021 tentang pengendalian transportasi selama Idul Fitri 1442 H. Dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19," kata Juru Bicara (Jubir) Kemenhub Aditia Irawati dalam konferensi pers yang disiarkan akun YouTube Sekretaris Negara, Kamis (8/4/2021).

Simak juga 'Jokowi: Selamat Idulfitri, Semoga Indonesia Bangkit dari Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/gbr)