Anies Baswedan Apresiasi Jokowi yang Bela Palestina

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 13 Mei 2021 11:27 WIB
Gubernur DKI Anies Baswedan mengenakan syal Palestina. (Dewa Ketut Sudiarta Wiguna/ANTARA)
Gubernur DKI Anies Baswedan dan keluarga mengenakan syal Palestina. (Dewa Ketut Sudiarta Wiguna/ANTARA)
Jakarta -

Palestina diserang Israel. Gubernur Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang membela Palestina dan tegas menyikapi Israel.

"Saya apresiasi statement Presiden (Jokowi) dan Menlu (Retno Marsudi) yang menunjukkan sikap tegas atas peristiwa yang terjadi pada bangsa Palestina," kata Anies sebagaimana dilansir Antara, Kamis (13/5/2021).

Anies berbicara di momen Idul Fitri 1442. Dia mengenakan syal bergambar bendera Indonesia dan Palestina. Dia bersimpati terhadap kondisi Palestina yang tengah dikecamuk konflik berdarah saat momen Idul Fitri 1442 H. Anies mengajak masyarakat Indonesia mendoakan bangsa Palestina.

"Ini adalah ajakan pada semua. Mari kita doakan pada saudara kita di Palestina, diberi kekuatan, ketabahan dalam melewati masa yang tidak mudah ini," kata Anies.

Indonesia memiliki komitmen tinggi untuk mendukung perjuangan warga Palestina agar terbebas dari segala tindakan penjajahan. Dia mengutip Presiden Sukarno pada 1962 yang menyatakan Indonesia tidak pernah berhenti menentang penjajahan di tanah Palestina.

"Ini yang sekarang kita harus jaga pesan dari proklamator kita untuk bangsa Indonesia," kata Anies.

Selanjutnya, pernyataan Presiden Jokowi:

Simak video 'Jokowi Kutuk Pengusiran Warga Palestina oleh Israel':

[Gambas:Video 20detik]