Menangis, Walkot Makassar Minta Maaf Larang Warga Mudik Lebaran

Ibnu Munsir - detikNews
Kamis, 13 Mei 2021 09:12 WIB
Makassar -

Wali Kota Makassar, Danny Pomanto menangis terharu saat memberi sambutan sesaat sebelum salat Idul Fitri. Danny menyampaikan maaf kepada warga yang tidak bisa mudik Lebaran tahun ini demi pencegahan penyebaran COVID-19.

"Mohon maaf kalau kita harus menahan diri untuk tidak mudik. Mudik bisa dilakukan secara virtual dan kemudian kenapa saya memutuskan salat Id di 1.000 RW, karena Karebosi bisa menjadi membangkitkan penyebaran COVID-19," kata Danny Pomanto, Kamis (13/5/2021).

Danny bersyukur tahun ini bisa melaksanakan salat Idul Fitri meski dengan protokol kesehatan yang ketat. Sebelumnya dirinya tak bisa melaksanakan salat Id bersama warga Makassar.

"Kenapa saya terharu, karena di tahun lalu kita tidak sempat bersilaturahmi, bersujud bersama-sama karena pandemi yang baru melanda seluruh dunia," ucap dia.

"Hari ini walaupun pandemi masih berlangsung (pandemi COVID-19), tapi patut kita syukuri di pagi hari ini warga hampir 1.000 RW sujud kepada Allah, di tempat-tempat yang memenuhi protokol kesehatan," sambung dia.

Danny menuturkan inilah usaha pemerintah untuk melindungi warga dari penularan COVID-19. "Ini adalah usaha pemerintah untuk memastikan warganya tidak tertular COVID-19," ujar dia.

Sementara itu, Danny juga tak melakukan open house. Hal itu dilakukannya untuk mematuhi instruksi Pemerintah Pusat.

(aud/aud)