Pengurus Cek Suhu Tubuh Jemaah Sebelum Masuk Area Masjid Agung Al Azhar

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Kamis, 13 Mei 2021 07:19 WIB
Suasana salat Id di Masjid Agung Al Azhar Jaksel
Foto: Suasana salat Id di Masjid Agung Al Azhar Jaksel (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Jakarta -

Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, menjadi salah satu masjid yang mengadakan salat Idul Fitri 1442 H di tengah pandemi COVID-19. Beberapa hal terkait protokol kesehatanpun diterapkan oleh pihak masjid.

Pantauan detikcom, Kamis (13/5/2021), pukul 06.39 WIB, Masjid Agung Al Azhar dipenuhi oleh jemaah. Mereka salat di lapangan terbuka sekitar bangunan masjid.

Al-Azhar sendiri menyiapkan enam gerbang bagi para jemaah, dengan gerbang utama terletak di Jalan Sisimangaraja. Di masing-masing gerbang ada tim yang akan melakukan pengecekan suhu pada jemaah.

Jemaah yang kedapatan suhu tubuhnya di atas 37,5 derajat celcius, tak diperbolehkan masuk. Namun, sejauh ini belum ada jemaah yang suhu tubuhnya di atas 37,5 derajat celcius.

Pihak masjid nampak mengatur jarak antarjemaah. Antara satu orang dengan orang lainnya berjarak 1 meter.

Suasana salat Id di Masjid Agung Al Azhar JakselFoto: Suasana salat Id di Masjid Agung Al Azhar Jaksel (Adhyasta Dirgantara/detikcom)

Salat Id di Masjid Agung Al Azhar sesuai rencana dimulai pukul 07.00 WIB. Pengurus masjid tetap menekankan pentingnya protokol kesehatan pada para jemaah.

"Insyaallah salat Id dilaksanakan pukul 07.00 WIB. Diharapkan jemaah jaga jarak. Mohon tim dari saf membantu luruskan saf yang ada supaya tidak terjadi perapatan saf," ujar salah satu pengurus dengan pengeras suara.

Sebelumnya, Masjid Agung Al Azhar Jakarta akan menggelar salat Idul Fitri secara berjamaah. Masjid Agung Al-Azhar akan membuka tempat bagi 3 hingga 5 ribu jemaah.

"Kuota normal antara 7 ribu orang. Untuk sekarang diperkirakan antara 3 ribu sampai dengan 5 ribu orang," ujar Kepala Urusan Rumah Tangga Masjid Agung Al-Azhar, Yahya, saat dihubungi, Selasa (11/5).

(aud/aud)