Daftar Sejumlah Masjid di Jakarta yang Gelar Salat Id Besok

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 12 Mei 2021 21:17 WIB
Selain itu segala bentuk aktifitas dakwah di Masjid Agung Sunda Kelapa juga ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan.
Masjid Sunda Kelapa menjadi salah satu masjid di Jakarta yang menggelar salat Id besok. (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah masjid di Jakarta akan menggelar salat Idul Fitri 2021 besok. Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta, KH Makmun Al Ayyubi mengatakan hampir semua masjid besar di Ibu Kota akan menggelar salat Id.

"Hampir semua dan belum ada laporan sampai saat ini yang tidak jadi melakukannya. Karena memang mereka sudah mempersiapkan jauh-jauh hari, ketika memang udah diperbolehkan salat Jumat, tarawih, dan lainnya," kata Makmun seperti dilansir Antara, Rabu (12/5/2021).

Meski demikian, Masjid Istiqlal pada Lebaran tahun ini batal menggelar salat Id. Hal itu dilakukan karena saat ini masih pandemi COVID-19.

Berikut ini masjid di DKI yang menggelar salat Id besok:

1. Masjid Cut Meutia

Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat, memastikan akan menggelar salat Id besok. Namun jumlah jemaahnya akan dibatasi hanya sebanyak 300 orang.

"Salat Id memang diadakan di sini, di Masjid Cut Meutia, tentu adalah dengan catatan penting di antaranya tetap menjalankan protokol kesehatan," kata Imam Masjid Cut Meutia, Amin Mustofa, saat ditemui di kantornya, Rabu (12/5/2021).

2. Masjid Jakarta Islamic Center (JIC)

Masjid Raya Jakarta Islamic Centre (JIC) akan menyelenggarakan Salat Idul Fitri pada Lebaran 2021 ini. Pelaksanaan Salat Idul Fitri nantinya akan digelar secara terbatas dengan kapasitas 50 persen jemaah.

"Masjid Raya Jakarta Islamic Centre akan menyelenggarakan Salat Idul Fitri pada hari Kamis, 13 Mei 2021. Sesuai anjuran pemerintah agar pelaksanaan salat Idul Fitri hanya diisi 50 persen dari kuota normal. Kalau di era biasa kapasitas Masjid Raya Jakarta Islamic Centre di ruang ibadah utama, selasar, dan koridor serta halaman masjid bisa menampung sebanyak 20.000 orang jamaah. Maka akan kita isi hanya separuhnya saja" kata Ketua Panitia Salat Idul Fitri Masjid Raya JIC, Aep Saifullah, dalam keterangan tertulis, Selasa (11/5/2021).

Aep menyebut pelaksanaan salat Id di Masjid Raya JIC akan dimulai pukul 07.00 WIB. Diharap para jamaah datang lebih awal agar tidak terjadi kerumunan.

"Saya harap para jemaah yang datang yang dekat dengan JIC. Yang jauh silakan salat di rumah atau di masjid atau lapangan terdekat. Jemaah juga harus membawa sajadah sendiri, memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan. Hal ini dilakukan untuk menjaga dan menghindari penularan COVID-19," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

3. Masjid Agung Al Azhar Jakarta

Masjid Agung Al-Azhar Jakarta akan menggelar salat Id pada Lebaran tahun ini dengan jumlah jemaah terbatas. Jumlah jemaah maksimal yang hadir sebanyak 5.000 orang.

"Kuota normal antara 7 ribu orang. Untuk sekarang diperkirakan antara 3.000 sampai dengan 5.000 orang," ujar Kepala Urusan Rumah Tangga Masjid Agung Al-Azhar, Yahya, saat dihubungi, Selasa (11/5/2021).

4. Masjid Sunda Kelapa

Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, juga menggelar salat Idul Fitri 1442 H besok. Kapasitasnya dibatasi 50 persen jemaah.

"Kita akan menyeting masjid kapasitas yang diperbolehkan oleh peraturan yang ada. Makanya teman-teman di lapangan sedang menyeting ulang tanda salat bahkan sampai di luar, di jalanan semua diatur, yang jelas kapasitasnya nanti jadi 50 persen, tapi untuk di luar sana saya belum tahu karena sampai luar sana kan," jelas Wakil Sekretaris Masjid Sunda Kelapa Fatimah Nasution saat ditemui di kantornya, Rabu (12/5/2021).

5. Masjid Agung At-Tin

Masjid Agung At-Tin, Jakarta Timur membatasi jumlah jemaah hanya 2.000 orang dalam pelaksanaan salat Idul Fitri besok. Masjid Agung At Tin juga berkoordinasi dengan polisi untuk membantu mengatur pembatasan jumlah jemaah.

"Jumlah jemaah dibatasi 2.000 orang sudah disosialisasikan dengan memasang spanduk di area Masjid Agung At-Tin. Pihak kepolisian akan turut membantu menertibkan pelaksanaan salat Idul Fitri nanti," kata Kepala Bidang Peribadatan Masjid Agung At-Tin, Karnali, seperti dilansir Antara, Rabu (12/5/2021).

Dalam kondisi normal sebelum pandemi, Masjid Agung At-Tin mampu menampung jemaah hingga 20.00 orang untuk salat Idul Fitri. Karnali mengatakan Masjid Agung At-Tin juga telah ditinjau langsung oleh Satgas Penanganan COVID-19 terkait persiapan pelaksanaan salat Idul Fitri.

Para jemaah yang hadir diminta untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Dari memakai masker hingga menjaga jarak.

Sementara itu, Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau khutbah Idul Fitri agar digelar singkat. Mimbar yang digunakan juga diminta agar dilengkapi pembatas transparan antara khatib dan jemaah.

"Khotbah Idul Fitri dilakukan secara singkat dengan tetap memenuhi rukun khotbah, paling lama 20 menit," demikian salah satu poin panduan penyelenggaraan salat Idul Fitri dari Kemenag yang dikutip, Rabu (12/5/2021).

Kemenag meminta masyarakat yang berada di zona merah dan oranye menunaikan salat Idul Fitri di rumah masing-masing. Sedangkan masyarakat di zona hijau dan kuning bisa menunaikan salat di masjid dan lapangan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Ketiga, salat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H/2021 M dapat diadakan di masjid dan lapangan hanya di daerah yang dinyatakan aman dari COVID-19, yaitu zona hijau dan zona kuning berdasarkan penetapan pihak berwenang," tulis keterangan dari Kemenag.



Simak Video "Satgas Covid-19 Larang Warga di Zona Merah-Oranye Salat Id di Masjid"
[Gambas:Video 20detik]
(hri/man)