Hindari Penyekatan, 4 Pemudik di Sumbar Hanyut di Sungai

Sulthan Jeka Kampai - detikNews
Rabu, 12 Mei 2021 19:46 WIB
Terjun bebas masuk jurang.  
dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Ilustrasi tenggelam (Dikhy Sasra/detikcom)
Limapuluh Kota -

Empat pemudik hanyut di aliran Sungai Kapur Sembilan, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar). Mereka berusaha menghindari penyekatan pemudik oleh petugas kepolisian di jalur darat.

"Saat ini kita masih mencari tiga orang. Satu orang ditemukan selamat," kata Kepala Pos Basarnas Kabupaten Lima Puluh Kota, Robi Saputra, kepada detikcom, Rabu (12/5/2021) malam.

Keempatnya menumpang d perahu itu. perahu itu diduga terbalik.

Peristiwa ini terjadi di di Jorong Talok Subanio, Kenagarian Muaro Paiti, Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Lima Puluh Kota hari ini.

"Peristiwa ini diketahui setelah yang satu orang yang selamat tersebut melapor ke Damkar Kapur IX," kata Robi.

Robi menjelaskan keempat korban pemudik dari Riau ke Sumbar.

"Jadi, empat orang ini rencana mau mudik pulang kampung dari Riau ke Sumbar. Karena jalur darat dilakukan penyekatan, maka mereka berinisiatif melalui jalur sungai dari Riau, yang rencananya akan keluar di Kapur sembilan. Nahasnya di sana. Perahu terbalik dan mereka hanyut," tambah Robi.

Data sementara yang dikumpulkan Basarnas, identitas keempat korban tersebut yang masih hilang, masing-masing adalah Nofi Arisman (31), Fadil irsandi (20) dan rekannya yang belum diketahui namanya. Sedangkan korban selamat diketahui bernama Rahman Rahim (21).

Hingga saat ini, pencarian masih terus dilakukan petugas dengan menyisir aliran sungai.

(aud/aud)