Top 5 News

Jemaah An-Nadzir Salat Id Tadi Pagi hingga Warga Dunia Bela Palestina

Nurcholis Maarif - detikNews
Rabu, 12 Mei 2021 19:29 WIB
Top 5 News
Foto: detikcom
Jakarta -

Sekitar 400 jemaah An-Nadzir di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), menggelar Salat Id merayakan Idul Fitri 1442 Hijriah, hari ini. Mereka pun mengenang stigma sesat hingga dicap teroris pada awal kemunculan mereka.

Di samping itu, agresi terbaru Israel terhadap Palestina membuat marah warga dunia. Di hari terakhir Ramadhan ini, Twitter penuh dukungan untuk Palestina.

Selain dua berita di atas, ada beberapa berita lainnya yang menjadi perbincangan hangat hari ini. Berikut Top 5 News edisi Rabu (12/5/2021).

1. Jemaah An-Nadzir di Gowa Sulsel Gelar Salat Id Pagi Ini

Para jemaah An-Nadzir Salat Id di halaman masjid perkampungan mereka di Kelurahan Romang Lompoa, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa. Usai salat, pimpinan An-Nadzir Ustaz Samiruddin Pademmui lantas menyinggung stigma sesat hingga dianggap teroris ketika pertama kali muncul tersebut.

"Kita sama-sama tahu bahwasanya kurang lebih 20 tahun jemaah An-Nadzir ini muncul di tanah air yang memiliki selaku ciri khas yang ketika awal-awal banyak mencurigai An-Nadzir. Ada yang mengatakan aliran sesat, ada yang mengatakan aneh, teroris dan sebagainya. Sesungguhnya semua itu adalah tidak ada pembuktian sama sekali," jelas Samiruddin saat khutbah Salat Id.

Saat ditemui wartawan, Samiruddin kembali menjelaskan bagaimana jemaah An-Nadzir berhasil menyingkirkan stigma yang ada dan mereka mulai diterima masyarakat sekitar dan pemerintah.

"Saya kira itu karena mungkin beda tampilan ya secara umum dari pada saudara-saudara muslim kita yang lain, misalnya An-Nadzir itu ciri khasnya pakai sorban, jenggot, kemudian panjang rambut, dipirang, kemudian pakai jubah, gamis," kata Samiruddin.

Artikel selengkapnya: Jemaah An-Nadzir di Gowa Sulsel Gelar Salat Id Pagi Ini

2. Warga Dunia Bela Palestina di Hari Terakhir Ramadhan

Pada Rabu (12/5/2021), trending topic Twitter dunia didominasi dengan isu Palestina. Ada Israel dengan 3,35 juta tweet, Hamas dengan 856 ribu tweet, Palestina dengan 237 ribu tweet dan Tel Aviv dengan 485 ribu tweet.

Warga dunia kompak membela Palestina dan mengecam agresi yang dilakukan Israel. Ada banyak foto korban jiwa warga sipil Palestina yang memilukan hati, banyak pula informasi soal kekerasan yang luput dari pemberitaan media.

Ada banyak kritik untuk Israel yang agresif. Ada juga kritik untuk Hamas agar aksi mereka tidak gegabah dan mengurangi simpati dunia terhadap perjuangan Palestina secara keseluruhan.

Artikel selengkapnya: Warga Dunia Bela Palestina

3. Sungai Gangga Kini Dipenuhi Jenazah COVID-19

Lebih dari 40 mayat yang sudah kembung dan membusuk ditemukan terdampar di tepi sungai Gangga di India pada Senin pagi (10/5/2021). Banyak yang percaya mayat itu adalah pasien COVID-19 yang datang dari Uttar Pradesh.

Dilaporkan media lokal NDTV, jenazah, yang beberapa di antaranya telah dibakar, mungkin dibuang ke sungai oleh keluarga yang tidak dapat menemukan tempat untuk mengkremasi atau menguburkan mereka.

Pejabat distrik Chausa, Ashok Kumar, mengatakan bahwa sekitar 40 hingga 45 jenazah terlihat mengambang, tetapi menambahkan bahwa mungkin ada lebih dari 100 jenazah. Dia juga mengatakan jenazahnya akan dikuburkan atau dikremasi.

Artikel selengkapnya: Sungai Gangga Kini Dipenuhi Jenazah COVID-19

4. Lamborghini Geber Knalpot di Kompleks Warga Medan

Beredar video mobil Lamborghini menggeber knalpot di salah satu kompleks warga di Medan, Sumatera Utara. Pengemudi Lamborghini menggeber knalpot meski telah ditegur warga.

Peristiwa itu ternyata terjadi beberapa hari lalu, tepatnya pada Minggu (9/5/2021) sekitar pukul 21.00 WIB di kompleks Taman Polonia 1, Kota Medan.

Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya tidak ada menerima laporan terkait peristiwa itu. "Saya lihat videonya tidak ada keributannya. Tidak ada LP-nya," ucap Nainggolan.

Artikel selengkapnya: Lamborghini Geber Knalpot di Kompleks Warga Medan

5. Ratusan Kendaraan Diputar Balik di GT Cikarang

Pos penyekatan di Gerbang Tol Cikarang Barat telah menjaring ratusan kendaraan yang hendak mudik. Berdasarkan data yang dihimpun mulai pukul 00.00-08.00 WIB, Rabu (12/5), tercatat 630 kendaraan yang diminta putar balik.

Artikel selengkapnya: Ratusan Kendaraan Diputar Balik di GT Cikarang

[Gambas:Video 20detik]



(prf/ega)