Pasar Malam di Taman Kerato NTB Dibubarkan Polisi

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Rabu, 12 Mei 2021 17:40 WIB
Polda NTB
Foto: dok. Polda NTB
Jakarta -

Puluhan aparat gabungan yang terdiri dari Personel Polres Sumbawa, Kodim 1607/Sumbawa, Brimob Kompi I Bataliyon B Por dan Satpol PP Kabupaten Sumbawa membubarkan paksa pasar malam di bekas Pasar Taman Kerato tepatnya di Desa Kerato Kecamatan Unter Iwes Kabupaten Sumbawa, Selasa (11/05) malam.

Kepala Kepolisian Resor Sumbawa Polda NTB, AKBP Widy Saputra melalui Kasubbag Humas Polres Sumbawa Akp Sumardi mengatakan pasar malam tersebut tidak mengantongi surat izin resmi, melainkan hanya surat rekomendasi dari Kecamatan setempat. Menurutnya surat rekomendasi tidak mempunyai kekuatan hukum, karena baik dari Pemerintah Daerah (Pemda) maupun pihak Kepolisian tidak memberikan izin di masa pandemi.

Hal ini mengingat kegiatan pasar malam bisa menimbulkan kerumunan. Ditambah masih tingginya angka penularan COVID-19 di wilayah Kabupaten Sumbawa.

Polda NTBPolda NTB Foto: dok. Polda NTB

"Sebelumnya pasar malam tersebut sudah dari jauh- jauh hari diberikan imbauan untuk dibubarkan namun tidak juga dilaksanakan atau diindahkan, hingga akhirnya harus diambil tindakan tegas," ujar Sumardi dalam keterangan tertulis, Rabu (12/5/2021).

Dia menyebut dalam pelaksanaan pembubaran, petugas gabungan tetap mengedepankan SOP dengan menggunakan cara-cara humanis. Petugas mengimbau para pengunjung untuk membubarkan diri serta meminta para pedagang untuk membongkar sendiri lapak masing-masing.

"Kegiatan tersebut merupakan upaya pihak Kepolisian bersama Pemkab Sumbawa untuk mencegah meningkatnya penularan virus COVID- 19 di wilayah Kabupaten Sumbawa," tandasnya.

Polda NTBPolda NTB Foto: Polda NTB
(prf/ega)