Polres Sumbawa Barat Perketat Akses ke Pelabuhan Poto Tano

Nurcholis Maarif - detikNews
Rabu, 12 Mei 2021 17:18 WIB
Polda NTB
Foto: dok. Polda NTB
Jakarta -

Anggota piket regu II Pos Pelayanan pelabuhan penyeberangan Poto Tano di Sumbawa Barat, NTB memeriksa seluruh kendaraan yang memasuki areal pelabuhan pada pagi tadi. Seluruh kendaraan serta kelengkapan dan barang-barang yang diangkut oleh sejumlah kendaraan logistik diperiksa satu persatu.

"Pengecekan ini terus dilakukan oleh anggota untuk mencegah penyebaran COVID-19 dan mencegah adanya para penumpang gelap yang menumpang di kendaraan logistik," ujar Kapolres Sumbawa Barat AKBP Herman Suriyono SIK memalui Paur Humas Eddy Soebandi dalam keterangan tertulis, Rabu (12/5/2021).

Ia mengatakan pengecekan ini dilakukan dalam pengamanan dan pelayanan menjelang Lebaran. Selain itu, pemeriksaan dilakukan untuk mencegah tindak pidana. Terlihat para petugas TNI Polri dan Dinas Perhubungan Sumbawa Barat juga mengatur lalu lintas di lokasi tersebut.

Dalam kegiatan ini, petugas mengimbau masyarakat agar bersama-sama menjaga kondusivitas wilayah dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan agar terhindar dari COVID-19.

"Anggota juga mengimbau para sopir kendaraan agar mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran yaitu memakai masker dan menjaga jarak serta membawa hand sanitizer di kendaraan," katanya.

Polda NTBPolda NTB Foto: dok. Polda NTB

Kepada para supir kendaraan, petugas mengimbau agar waspada terhadap kejahatan Curat, Curas dan Curanmor serta segera melaporkan ke aparat keamanan terdekat jika ada hal-hal yang menimbulkan gangguan keamanan. Untuk mencegah penyebaran COVID-19, para petugas membagikan masker kepada sejumlah pengendara yang tidak menggunakan masker.

Menurut Eddy, pos pelayanan ini akan terus melakukan kegiatan selama 24 jam setiap hari sampai dengan tanggal 17 Mei 2021 sesuai dengan aturan pemerintah pusat dan provinsi NTB tentang pembatasan pergerakan dan larangan mudik. Hingga saat ini situasi di pelabuhan Poto Tano aman terkendali.

Polda NTBPolda NTB Foto: Polda NTB

Simak video 'Soal Larangan Mudik, Kapolri: Maaf dan Mohon Maklum':

[Gambas:Video 20detik]



(prf/ega)