Wakil Ketua MPR Sebut Lebaran Jadi Momentum Lawan COVID-19

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Rabu, 12 Mei 2021 16:53 WIB
Wakil Ketua MPR Syarief Hasan
Foto: Dok. MPR
Jakarta -

Wakil Ketua MPR Syarief Hasan mengingatkan masyarakat Indonesia untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan saat Lebaran besok. Apalagi menurutnya pemerintah telah membuat kebijakan pelarangan mudik untuk menekan pandemi COVID-19.

"Kita perlu mengingat bersama bahwa kita masih berada di dalam suasana pandemi COVID-19 sehingga kita harus tetap memperhatikan protokoler kesehatan selama lebaran," ungkap Syarief Hasan dalam keterangannya, Rabu (12/5/2021).

"Pemerintah telah membuat kebijakan pelarangan mudik dengan harapan bahwa tidak terjadi penularan COVID-19 dari suatu daerah ke daerah lainnya. Kita wajib saling menjaga satu sama lain dari pandemi COVID-19 ini," imbuhnya.

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat mendorong pemerintah untuk menguatkan komunikasi dan koordinasi dengan ulama dan tokoh agama di daerah-daerah. Politisi senior Partai Demokrat ini juga mengingatkan kepada Pemerintah untuk tetap memperhatikan stabilitas harga sembako selama masa Lebaran.

"Ulama dan tokoh agama di berbagai daerah sangat didengarkan oleh masyarakat sehingga Pemerintah sebagai umara harus membangun komunikasi yang baik dengan ulama dan tokoh agama dalam rangka mencegah munculnya kasus COVID-19 selama masa Lebaran," ujarnya.

"Harga sembako masih fluktuatif hingga hari ini. Pemerintah harus memastikan harga sembako selama Lebaran di pasaran tetap stabil sehingga tidak menyulitkan masyarakat kecil," ungkap Syarief Hasan.

Ia pun berharap Hari Raya Idul Fitri 1442 H menjadi momentum kemenangan bangsa ini melawan pandemi COVID-19. Tak lupa, ia juga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H kepada seluruh umat Islam di Indonesia dan dunia.

"Lebaran dapat menjadi momentum kemenangan kita bersama. Langkahnya, kita beribadah dengan protokol kesehatan ketat, memperbaiki ekonomi lewat zakat fitrah untuk membantu masyarakat miskin, hingga belanja kebutuhan Lebaran di gerai-gerai UMKM. Sekali lagi, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin," tutup Syarief Hasan.

(prf/ega)