Risma Sampaikan Pesan Jokowi ke Keluarga Korban Tambang Ilegal di Sumbar

Jeka Kampai - detikNews
Rabu, 12 Mei 2021 14:25 WIB
Mensos Risma
Mensos Risma (Jeka Kampai/detikcom)
Solok Selatan -

Menteri Sosial (Mensos) RI, Tri Rismaharini atau Risma, mengunjungi korban musibah longsor tambang emas ilegal di Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar). Risma menyerahkan bantuan bagi para ahli waris dan menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya ingin menyampaikan pesan Bapak Presiden untuk keluarga korban yang ditinggalkan. Presiden berharap Ibu-ibu tabah untuk melanjutkan kehidupan. Tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah," kata Risma di ruang pertemuan Kantor Bupati Solok Selatan, Rabu (12/5/2021) siang

"Cobaan ini sangat berat. Bulan Januari juga sudah ada korban. Januari juga ada korban, lalu bulan ini. Dan kita berharap bulan berikutnya tidak ada lagi korban yang harus terenggut karena mencari nafkah," tambah dia.

Mantan Wali Kota Surabaya itu meminta Pemerintah Kabupaten Solok Selatan bisa mencarikan kegiatan alternatif yang bisa menjamin kelangsungan kehidupan, tanpa adanya bahaya (yang mengintai).

"Solok Selatan ini sungguh luar biasa suburnya. Mari kita teruskan dengan kehidupan dengan kehidupan yang lebih bisa menjamin tanpa ada bahaya. Semua (pekerjaan) ada risikonya, tapi kita bisa hindarkan itu," kata Risma.

Pada kesempatan itu, Risma menyerahkan bantuan bagi para keluarga korban. Untuk korban meninggal dunia diberikan santunan sebesar Rp 15 juta dan korban luka sebesar Rp 5 juta, ditambah paket sembako dan perlengkapan balita. Kunjungan Risma di Solok Selatan hanya berlangsung sekitar 10 menit, sebelum kembali ke Padang menggunakan helikopter.

Musibah longsor tambang sendiri terjadi di daerah Timbahan, Jorong Kapalo Koto, Nagari Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari, Kabupaten Solok Selatan. Musibah yang terjadi pada Senin (10/5/2021) itu menyebabkan 8 orang tewas dan 9 orang lainnya mengalami luka serius.

(gbr/gbr)