Pasar Tanah Abang Tutup, PKL Ramai Jualan di Trotoar

Rakha Arlyanto Dermawan - detikNews
Rabu, 12 Mei 2021 10:05 WIB
Suasana di Pasar Tanah Abang Jakpus
Foto: Suasana di Pasar Tanah Abang Jakpus (Rakha/detikcom)
Jakarta -

Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat hari ini (12/5) tutup sampai tanggal 18 Mei mendatang terkait libur Hari Raya Idul Fitri. Namun, ada banyak pedagang kaki lima (PKL) yang tetap menggelar lapak.

Pantauan detikcom di lokasi pukul 09.15 WIB, Rabu (12/5/2021) sejumlah PKL masih berjualan di sepanjang trotoar di Jalan Kebon Jati, Jalan Jatibaru Raya hingga Jalan H Fachrudin.

"Kalau hari ini dibubarin, kita lawan. Ini hari terakhir," ujar salah satu pedagang di trotoar.

Di area Blok A,B, C, F dan Central Tanah Abang (CTA) tampak sepi. Pintu masuk pun terlihat tertutup, tidak ada aktivitas jual beli di dalam area tersebut. Di depan pintu masuk terpasang spanduk bertuliskan 'Informasi Libur Idul Fitri 1442 H. Tanggal: 12-18 Mei 2021 Gedung Tutup. Tanggal 19 Mei 2021 Geduung Buka (Normal Seperti Biasa)'.

Namun di lantai dasar luar gedung Blok B dan Blok F terlihat banyak PKL yang mulai menggelar lapaknya pagi ini. Kios-kios pakaian khususnya busana muslim masih ramai disambangi para pengunjung.

Tidak ada kerumunan di lokasi, tetapi tampak para pedagang banyak yang tidak mengenakan masker saat berjualan.

Keramaian hanya terjadi di 3 titik tersebut, area trotoar lantai dasar luar gedung Blok B dan F. Arus lalu lintas di sekitar lokasi terpantau ramai lancar. Ada petugas dari pihak kepolisian berjaga di depan pintu masuk Blok A.

Suasana di Pasar Tanah Abang JakpusFoto: Suasana di Pasar Tanah Abang Jakpus (Rakha/detikcom)

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat akan tutup sementara mulai Rabu 12 Mei 2021. Pasar Tanah Abang tutup sampai tanggal 18 Mei.

Hal tersebut disampaikan Anies dalam kunjungan ke Pasar Mayestik, Jakarta Selatan, Selasa (11/5/2021). Penutupan sementara Pasar Tanah Abang itu dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri.

"Besok Rabu terakhir, memang siklusnya saja. Hari terakhir bulan Ramadhan, tutup pasarnya, karena pedagang juga ikut libur Lebaran," kata Anies seperti dikutip dari Antara.

Simak juga video 'Sempat Bubar Saat Ada Petugas, PKL Pasar Tanah Abang Jualan Lagi':

[Gambas:Video 20detik]



(hri/hri)