Analisis BMKG soal Gempa M 5,1 Guncang Kepulauan Mentawai

Jeka Kampai - detikNews
Rabu, 12 Mei 2021 05:53 WIB
Seismograf, alat pencatat getaran gempa, Ilustrasi gempa bumi
Foto: Seismograf, alat perekam getaran gempa (Robby Bernardi/detikcom)
Padang -

Gempa berkekuatan magnitudo (M) 5,1 mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar). Analisis BMKG, gempa tersebut masuk dalam kategori gempa dangkal.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter-nya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setyo Prayitno kepada wartawan, Rabu (12/5/2021).

Guncangan gempa ini dirasakan di daerah Padang dalam skala I-II MMI, yakni getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, serta wilayah Siberut dalam skala II-III MMI yang artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan sesar nailk (thrust fault)," ujar Bambang.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. BMKG mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Gempa berkekuatan M 5,1 sebelumnya mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumbar. Gempa tidak berpotensi tsunami.

"55 km barat laut Kep-Mentawai-Sumbar," tulis BMKG di akun Twitter-nya @infobmkg.

Simak video 'Sebaran Gempa Bumi Tahun 1963-2020 di Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/rfs)