Polisi Tangkap 4 Orang Diduga Provokasi Ajakan Mudik Via Pelabuhan Merak

M Iqbal - detikNews
Rabu, 12 Mei 2021 04:59 WIB
Foto udara kendaraan pemudik tujuan Sumatera antre memasuki kapal Roro di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (5/5/2019) dini hari. dinihari. Jelang larangan mudik pada 6 Mei 2021, Pelabuhan Merak mengoperasikan 29 kapal roro untuk melayani penyeberangan penumpang menuju Pelabuhan Bakauheni. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.
Foto: Ilustrasi (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)
Cilegon -

Polisi menangkap empat orang yang diduga terlibat dalam ajakan mudik via Pelabuhan Merak, Banten. Empat orang yang ditangkap sebagai penyebar informasi hingga provokator dalam grup pesan singkat untuk mudik lewat Pelabuhan Merak.

Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono mengatakan keempat orang tersebut awalnya dicurigai oleh petugas karena gerak-geriknya mencurigakan. Polisi kemudian menangkap keempat orang tersebut.

"Kami menangkap beberapa, orang 4 orang tadi yang melakukan provokasi, menginformasikan. Kami ketahui bahwa mereka mengambil foto dan kami ketahui mereka provokator yang mengajak mudik lewat Pelabuhan Merak," kata Sigit kepada wartawan di Merak, Rabu (12/5/2021).

Beberapa terduga pelaku ditangkap di sekitar Pelabuhan Merak dan jalur arteri menuju Pelabuhan Merak. Keempat orang tersebut dari hasil pemeriksaan sementara bukan warga Cilegon.

"(Ditangkap) di seputaran Merak, di Gerem tadi. Masih pendalaman, tapi yang kami amankan bukan warga Cilegon," ujarnya.

Keempat orang tersebut kini masih menjalani pemeriksaan intensif di Mapolres Cilegon.

"Saat ini masih pendalaman, sedang kita periksa dan dibawa ke Mapolres," kata dia.

Sebuah pesan berantai sebelumnya beredar di aplikasi pesan singkat mengajak orang untuk mudik bareng ke Sumatera via Pelabuhan Merak. Pesan berantai mengatakan titik kumpul pemudik di Bekasi mengarah Pelabuhan Merak.

Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono membenarkan adanya pesan berantai itu, dia mengatakan pesan itu sudah beredar luas, termasuk pihak kepolisian.

"Oh iya itu beredar broadcast di WA untuk mengajak menyeberang ke Lampung, jadi start dari Bekasi beruntun Jakarta, Tangerang, sampai ke Cilegon, sampai Merak," kata Sigit dikonfirmasi.

Untuk mengantisipasi serbuan pemudik yang nekat mudik ke Lampung. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polda Banten, Polres Tangerang, Serang, dan Polda Metro Jaya agar tak sampai ke Merak.

"Saya selaku Kapolres Cilegon sudah mendapat perintah dari Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto untuk melaksanakan antisipasi kemudian kami dari Polres Cilegon, Serang, dan Tangerang dan Polda Metro juga kami koordinasi untuk mengantisipasi hal tersebut dengan menjaga titik-titik dan berlapis-lapis pengecekannya dengan kekuatan penuh dari jalur arteri yang mungkin akan dilalui kendaraan bermotor," ujarnya.

Smak juga video 'Komplotan Pembuat Surat Bebas Corona Pemudik di Surabaya Terbongkar!':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/zak)