Round-up

Kala Habib Rizieq Menanti Kabar Demi Tak Lebaran di Balik Sel

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 12 Mei 2021 04:06 WIB
Habib Rizieq
Foto: Habib Rizieq (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Habib Rizieq dkk lewat penasihat hukumnya mengajukan permohonan penangguhan penahanan. Namun, hingga kini hakim belum menentukan sikap terkait permohonan tersebut.

Permohonan penangguhan penahanan ini diajukan penasihat hukum dengan beberapa alasan. Dari mulai alasan kemanusiaan hingga menjelang Idul Fitri.

"Kami mengajukan permohonan penangguhan penahanan dengan alasan terdakwa lainnya dalam kasus yang sama tidak ditahan, kemudian tidak akan menghilangkan barang bukti, siap mengikuti persidangan sampai vonis, kemudian pertimbangan kemanusiaan, serta menjelang hari raya Idul Fitri," kata Aziz sebelumnya pada Rabu (5/5).

Permohonan itu disampaikan lewat surat dinas kepada majelis hakim. Hakim ketua Khadwanto mengatakan akan mempertimbangkan permohonan penangguhan penahanan Habib Rizieq.

Aziz mengatakan akan mengajukan permohonan penangguhan penahanan kepada semua terdakwa dalam kasus kerumunan Petamburan, Megamendung, dan hasil swab RS Ummi. Pihaknya juga akan menyiapkan penjamin dari pihak keluarga.

"Kepada seluruh terdakwa kita mengajukan permohonan penangguhan penahanan dengan alasan yang sudah saya jabarkan. Alasannya kemanusiaan, tidak akan melarikan diri, siap mengikuti sidang sampai vonis, alasan akan Idul Fitri, dan ada penjamin insyaallah," jelas Aziz.

Namun, setelah menunggu kurang lebih satu minggu dari permohonan disampaikan, keinginan Rizieq untuk tidak merayakan Idulfitri di balik jeruji masih belum jelas. Sebab, majelis hakim masih belum menentukan sikap.

Simak video 'Hakim Belum Putuskan Penangguhan Penahanan HRS':

[Gambas:Video 20detik]