Polisi Izinkan Motor Pelat T Lewati Penyekatan Mudik Kedungwaringin

Yogi Ernes - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 22:13 WIB
Bekasi -

Polisi sempat melonggarkan penyekatan mudik di pos Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, akibat padatnya arus lalu lintas. Kini, pengetatan kembali dilakukan dan hanya motor berpelat T yang boleh lewat.

Pelonggaran dilakukan setelah pukul 19.00 hingga 20.00 WIB, Selasa (11/5/2021). Kebijakan tersebut kemudian dihentikan setelah kepadatan mulai terurai.

Petugas kembali memasang pembatas jalan untuk menahan laju kendaraan. Selain itu, petugas hanya mengizinkan kendaraan bermotor berpelat T yang melintas.

"Kendaraan yang pelat T silakan lewat. Di luar pelat T silakan putar balik," seru petugas di lokasi.

Kendaraan pelat T sendiri diketahui merujuk ke daerah Karawang dan Purwakarta. Kendaraan berpelat lain disuruh putar balik.

Sejumlah kendaraan yang bukan pelat T masih berupaya coba terus menerobos pembatas. Sejumlah alasan dari menjenguk orang tua sampai urusan pekerjaan disebut para pemudik.

Kepadatan masih terjadi hingga pukul 21.30 WIB. Petugas memiliki diskresi membuka sistem penyekatan tersebut jika panjang antrean kendaraan mencapai melebihi 2 km.

Pemudik yang didominasi pengendara roda dua kembali memadati pos penyekatan Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, malam ini. Petugas pun terpaksa melakukan diskresi berupa pelonggaran penyekatan.

Pos penyekatan Kedungwaringin diketahui merupakan wilayah perbatasan Bekasi dan Karawang. Pemotor yang berencana mudik ke Jawa Barat dan Jawa Tengah banyak melewati pos perbatasan ini.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo sebelumnya telah mengatakan sebesar apa pun personel yang diturunkan tidak bisa membendung keinginan para pemudik. Selama masyarakat tidak menyadari pentingnya untuk tidak mudik.

"Seberapa besar pasukan kita terjunkan yang kita butuhkan adalah kesadaran kolektif masyarakat untuk sama-sama mau mematuhi anjuran pemerintah untuk tidak mudik," kata Sambodo di Polda Metro Jaya.

(ygs/haf)