Masjid Baiturrahman Aceh Gelar Salat Id, Warga Tak Bermasker Dilarang Masuk

Agus Setyadi - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 19:21 WIB
Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh
Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh (Syanti/detikcom)
Banda Aceh -

Masjid Raya Baiturrahman (MRB) Banda Aceh bakal menggelar salat Idul Fitri berjemaah. Warga yang tak bermasker dilarang ikut salat di area masjid.

"Bagi masyarakat yang tidak memakai masker dan tidak mematuhi protokol kesehatan lainnya, maka tidak diperkenankan untuk masuk ke dalam lokasi MRB," kata Kepala Dinas Syariat Islam Aceh, Alidar, Selasa (11/5/2021).

Dinas Syariah Islam akan menyosialisasikan aturan itu ke warga. Alidar juga mengatakan pihaknya bakal menambah sejumlah tempat cuci tangan di area masjid. Dia berharap warta mematuhi aturan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus Corona.

"Pengecekan suhu akan dilakukan oleh petugas di setiap pintu masuk," jelasnya.

Alidar meminta masyarakat Banda Aceh dan Aceh Besar melaksanakan salat Id di masjid atau meunasah di desa masing-masing. Dia berharap tak ada pengumpulan massa dalam jumlah besar di Masjid Baiturrahman.

Selain itu, Dinas Syariat Islam meminta takbir malam Lebaran di gelar di masjid-masjid dengan peserta maksimal 20 orang per masjid. Alidar mengatakan takbiran keliling dilarang.

"Tidak ada pelaksanaan takbir keliling di jalan raya seperti tahun-tahun sebelumnya, takbir hanya di masjid saja," ujar Alidar.

(agse/haf)