Kemenhub: Lebih dari 138 Ribu Mobil Keluar Jakarta Per Hari

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 17:25 WIB
Polisi melakukan penyekatan di jalur tikus di Bekasi menuju Karawang. Pada hari kedua larangan mudik ini, puluhan kendaraan diputar balik polisi.
Ilustrasi (Foto: Rifkianto Nugroho)

Tantangan dalam penyekatan mudik, kata Adita adalah pada kendaraan pribadi. Berbagai cara dilakukan pemudik agar bisa lolos dari penyekatan.

"Memang yang paling menantang itu adalah transportasi darat, khususnya kendaraan pribadi dan sepeda motor itu sangat menantang karena berangkat bisa dari mana saja, lewat jalan apa saja, itu memang ada penyekatan dijaga pihak kepolisian dan pihak daerah. Memang tantangannya adalah sepertinya masyarakat memilih jam-jam tertentu memang situasi dan kondisinya memungkinkan," kata dia.

Penyekatan mudik juga akan dilonggarkan jika terjadi kepadatan. Namun, Adita mengatakan pemudik akan diperiksa lagi di titik penyekatan berikutnya. Jika tidak memenuhi syarat perjalanan, mereka akan diputar balik.

"Kita memang akui petugas kadang tidak sebanding dengan petugas dengan pemudik yang bersikeras itu. Kita tetap humanis, ketika terjadi penumpukan pihak kepolisian melakukan diskresi dengan harapan di penyekatan berikutnya disaring lagi," tutur dia.


(lir/tor)