Antisipasi Pemudik, Polres Lombok Utara Lakukan Penyekatan-Tes Urine

Abu Ubaidillah - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 17:02 WIB
Polda NTB
Foto: dok. Polda NTB
Jakarta -

Polres Lombok Utara bersama Kodim 1602 Lombok Barat dan Pemda Kabupaten Lombok Utara (KLU) melakukan penyekatan dan tes urine kepada pengendara yang melintas di Jalan Lintas Mataram-KLU. Tepatnya di depan Pos Terpadu Lebaran 1442 H simpang empat pemenang.

Kegiatan ini dilakukan guna mengantisipasi pemudik jelang Lebaran 2021. Kapolres Lombok Utara Polda NTB, Feri Jaya Satriansyah menerjunkan Tim Urkes Polres Lotara bersama tim DVI (Disaster Victim Investigation) di bawah pimpinan Paur Kes Polres Lotara, Aipda Alim Mustakim.

"Kegiatan tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut dari imbauan pemerintah yang melarang warga masyarakat untuk mudik pada perayaan Idul Fitri 1442 H/2021 M guna mengantisipasi terjadi klaster virus COVID-19 di wilayah Kabupaten Lombok Utara dan keselamatan bagi pengendara," kata Paur Humas Polres Lombok Utara, Bripka Wiswakarma dalam keterangan tertulis, Selasa (11/5/2021).

Polda NTBPolda NTB Foto: dok. Polda NTB

Sebanyak 10 pengendara angkutan umum yang melintas di jalur lintas depan pos pengamanan Idul Fitri di Simpang Empat Pemenang diambil sampel darah rapid antibodi beserta urine. Dalam pemeriksaan tersebut tidak ditemukannya pengendara yang terindikasi positif narkoba maupun reaktif COVID-19.

Sebelumnya pemerintah melarang masyarakat untuk mudik pada 6-17 Mei 2021. Larangan ini ditetapkan melalui Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri 1442 H/Tahun 2021 dalam Rangka Pencegahan Penyebaran COVID-19.

Polda NTBPolda NTB Foto: Polda NTB

Larangan mudik ini dilakukan guna melindungi masyarakat dari COVID-19. Larangan ini berlaku untuk semua moda transportasi umum, baik darat, perkeretaapian, laut, dan udara. Kendaraan darat meliputi bus, sepeda motor perorangan, hingga kapal di sungai dan danau.

Aparat kepolisian di berbagai daerah pun melakukan penyekatan di berbagai titik untuk mengantisipasi pemudik. Tak terkecuali Polres Lombok Utara yang sekaligus melakukan tes urine kepada pengendara yang melintas.

(prf/ega)