detikcom Do Your Magic

Jl Tanjung Burung Tangerang yang Dulu Longsor, Kini Sudah Bisa Dilintasi

Afzal Nur Iman - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 16:38 WIB
Penampakan perbaikan longsor di Jl Tanjung Burung, Teluknaga, Kabupaten Tangerang
Penampakan perbaikan longsor di Jl Tanjung Burung, Teluknaga, Kabupaten Tangerang. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Kabupaten Tangerang -

Longsor di Jl Tanjung Burung, Kabupaten Tangerang, diperbaiki. Kini, kendaraan sudah bisa melewati jalan yang sebelumnya terputus itu.

Pantauan detikcom di lokasi pada Selasa (11/5/2021), pukul 15.40 WIB, terlihat mobil dan motor melintasi jalan tersebut. Bekas longsoran tersebut kini sudah rata dengan muka jalan lainnya.

Permukaan jalan tidak beraspal, hanya batu-batu yang sebelumnya telah diratakan dengan stoom. Masih terlihat penuh dengan kerikil dan ketika dilintasi kendaraan debu jalan bertebaran dari permukaan jalan. Kini jalan darurat yang sempat dibuat terlihat jarang dilewati.

Tebing di pinggir jalan kini juga sudah diperbaiki dengan batu kali yang disusun berbentuk balok dengan menggunakan kawat. Untuk memperkokoh tebing, besi-besi dipasang menempel dengan batu kali tersebut.

Tebing tersebut membentang menjadi pondasi jalan sepanjang 50 meter dengan lebar sekitar 1 meter. Fondasi tersebut berada lebih rendah dibandingkan jalan, di antara fondasi batu kali dengan jalan masih terlihat gundukan tanah.

"Sudah beres 100%," kata Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Abdul Munir ketika dihubungi detikcom.

Penampakan perbaikan longsor di Jl Tanjung Burung, Teluknaga, Kabupaten TangerangPenampakan perbaikan longsor di Jl Tanjung Burung, Teluknaga, Kabupaten Tangerang. (Afzal Nur Iman/detikcom)

Dahulu permukaan jalan ini berupa beton keras. Namun kini, seusai longsor dan selesai perbaikan, permukaan belum lagi berupa beton keras. Munir menerangkan, perbaikan longsor ini bersifat perbaikan darurat.

"Yang ini sifatnya darurat," kata Munir.

Sebelum jalan longsor ini diperbaiki, warga sempat khawatir karena jalan tersebut juga berfungsi sebagai tanggul pencegah banjir. Melihat tanggul tersebut diperbaiki membuat warga tenang.

"Ya mengkhawatirkan warga sekitar kalau tanggul jebol, air dari sungai di kali ini pada limpas ke rumah warga," kata warga RT 06 RW 03, Tanjung Burung, Kabupaten Tangerang, Marsan, saat ditemui di lokasi, Rabu (28/4).

Longsor di lokasi ini terjadi pada 13 Maret lalu. Jalan yang masih longsor dan diperbaiki itu adalah akses menuju enam kampung di Desa Tanjung Burung. Perbaikan dilakukan Pemkab Tangerang setelah mendapatkan rekomendasi dari Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementerian PUPR. Perbaikan sudah dimulai sejak 19 April.

Pemkab Tangerang juga membangun jalan alternatif di dekat lokasi ini agar akses warga tidak terganggu.

(aik/dnu)