Alasan Imam Besar Masjid Istiqlal Tiadakan Salat Id Kenegaraan-Umum

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 15:59 WIB
Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar
Foto: Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar (Andhika Prasetia/detikcom)

Nasaruddin juga menyampaikan pihaknya telah membuat simulasi salat Id, namun karena situasi COVID-19 masih seperti tahun lalu maka Istiqlal mengambil kebijakan seperti tahun lalu.

"Kemudian juga setelah kami melakukan simulasi, kira-kira mengantisipasi perkembangan yang akan terjadi, maka kami menyimpulkan bahwa Istiqlal kita seperti tahun lalu, belum dibuka untuk salat Idul Fitri," terangnya.

Lanjutnya, dia mengatakan pengurus Masjid Istiqlal berkoordinasi dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas soal tidak diselenggarakannya salat Idul Fitri. Hasilnya, kata Nasaruddin, Muhadjir dan Yaqut mendukung tidak diselenggarakannya salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal.

Nasaruddin mengatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga mengimbau masyarakat agar melaksanakan salat Idul Fitri di lingkungannya masing-masing. Menurutnya, imbauan Anies ini sesuai dengan ditiadakannya salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal.

"Kami mohon maaf kepada segenap jemaah dan saudara, Simpatisan, pecinta Masjid Istiqlal, mudah-mudahan insyaallah Idul Adha nanti keadaan sudah lebih baik, maka kita akan buka untuk umum. Saya tahu sudah banyak sekali yang merindukan masjid Istiqlal yang sudah indah dan cantik seperti ini, tetapi kondisi kita tidak memungkinkan untuk membuka, terbuka, melaksanakan Idul Fitri ini," jelas dia.

Sebelumnya, Masjid Istiqlal membatalkan rencana melaksanakan salat Idul Fitri 1442 H secara terbatas. Keputusan itu diambil atas pertimbangan penularan virus Corona (COVID-19).

"Batal, info terkini. Tahun ini Istiqlal tidak melaksanakan Idul Fitri," kata pengurus Masjid Istiqlal kepada wartawan hari ini.

Keputusan pembatalan itu diambil untuk mencegah penularan virus Corona. Menko PMK Muhadjir Effendy juga mengarahkan agar salat Idul Fitri di Istiqlal dibatalkan.

"(Alasan) satu, COVID-19. Dua, arahan Menko PMK dan Menag. Tiga, Gubernur DKI Jakarta," kata dia.

Halaman

(sab/aud)