BMKG: Sore Ini Tidak Akan Tampak Hilal, Besok Masih Ramadhan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 14:30 WIB
RAHMAT TRIYONO Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)
Kepala Pusat Seismologi Teknik, Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG, Rahmat Triyono. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

BMKG memastikan hilal tidak akan tampak sore nanti. Kepala Pusat (Kapus) Seismologi Teknik, Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG, Rahmat Triyono, menyatakan besok masih bulan Ramadhan.

Rahmat awalnya menjelaskan alasan pengamatan hilal dilakukan hari ini. Menurutnya, pengamatan hilal memang harus dilakukan setiap 29 Ramadhan.

"Jadi kan hari ini sebetulnya kenapa dilaksanakan pengamatan hilal hari ini, karena pengamatan hilal itu setiap tanggal 29 bulan komariah. Jatuhnya itu tanggal 29 Ramadhan, ya hari ini, makanya dilaksanakan pengamat hilal hari ini sekaligus sidang isbat hari ini," kata Rahmat kepada wartawan, Selasa (11/5/2021).

Berdasarkan data hisab atau secara astronomi, posisi hilal di seluruh Indonesia akan negatif sore hari nanti. Menurut Rahmat, elongasi atau jima (sudut antara dua benda langit terhadap satu titik acuan tertentu) baru akan terjadi dini hari nanti.

"Artinya hari ini, sore ini, bulan itu tenggelam duluan dari ufuk barat, (setelah itu) bulan masuk, baru matahari masuk. Jadi sudah jelas dalam posisi seperti ini, hari ini tidak akan nampak hilal, secara astronomi tidak akan nampak hilal," terang Rahmat.

"Karena tidak nampak hilal, tentunya besoknya itu masih bulan yang sama, artinya bulan Ramadhan. Artinya, kalau hari ini tidak nampak hilal, tanggal 12 (besok) itu masih bulan Ramadhan," imbuhnya.

Lebih lanjut, berdasarkan data hisab BMKG, hilal akan terlihat besok, Rabu (12/5). Rahmat menyebut tinggi hilal besok sudah positif.

"Nah untuk besoknya, besok sorenya itu tinggi hilalnya sudah positif. Berdasarkan data hisab kami, besoknya itu sudah positif. Kan pengamat hilalnya sore atau menjelang magrib besok. Kalau besok sudah positif, artinya besok itu sudah nampak (hilal)," ucapnya.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya.

Lihat juga Video: Pantauan BMKG soal Potensi Terlihatnya Hilal

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2