Akses Jalan Jadi Kendala Evakuasi Korban Longsor Tambang Ilegal di Sumbar

Jeka Kampai - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 14:09 WIB
Proses evakuasi pekerja tambang ilegal di Sumbar
Foto: Proses evakuasi pekerja tambang ilegal di Sumbar (Jeka/detikcom)
Solok Selatan -

Tim gabungan dari Basarnas dan BPBD Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), masih mencari pekerja yang tertimbun longsoran tambang emas ilegal di daerah Timbahan, Nagari Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari. Proses evakuasi terkendala karena sulitnya akses jalan menuju lokasi.

BPDB Solok Selatan menyebut lokasi tambang tersebut banyak terdapat bongkahan batu besar. Kepala Badan Pelaksana BPBD Kabupaten Solok Selatan, Richie Amran mengatakan, lokasi tambang yang longsor tersebut berada di pedalaman.

"Itu daerah sulit. Dari jalan raya berkendaraan sampai satu hingga satu setengah jam. Nah, dari titik tersebut kita juga harus berjalan kaki sampai dua setengah jam lagi. Komunikasi sangat sulit, karena tidak ada sinyal (ponsel)," kata Richie dalam perbincangan dengan detikcom di Kantor BPBD Solok Selatan, Selasa (11/5/2021).

Ia menjelaskan, hingga Selasa, pihaknya sudah menemukan 16 orang. Tujuh orang meninggal dunia, sementara sembilan lainnya mengalami luka-luka dan patah tulang.

"Kita perlu koreksi data. Kemarin diinformasikan delapan yang meninggal, ternyata yang satu masih luka-luka, sehingga korban meninggal bukan delapan, tapi tujuh," kata Richie.

Saat ini pencarian terhadap korban kembali dilanjutkan. Meski laporan sementara hanya tersisa satu korban lagi, namun tidak menutup kemungkinan adanya korban-korban lain, sebab lokasi penambangan yang berstatus ilegal sehingga tak ada kejelasan data jumlah penambang.

Sempat beredar kabar adanya lebih dari 50-an penambang yang tertimbun di lokasi tersebut. Richie kemudian memberikan penjelasan.

"Memang ada banyak kabar yang menyebutkan banyak orang lagi yang tertimbun disana. Tapi kita baru menemukan 16 orang. Kita cari sampai semuanya bisa dinyatakan clear dan ditemukan," katanya lagi.

Simak Video: Tambang Emas Ilegal di Sumbar Longsor, 8 Orang Tewas

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)