Umat Muslim Jambi Boleh Salat Id di Masjid-Lapangan Terbuka

Ferdi Almunanda - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 13:56 WIB
salat id masjid al akbar
Foto: Ilustrasi salat Id (Amir Baihaqi)
Jambi -

Pemerintah Provinsi Jambi memperbolehkan ibadah salat Idul Fitri 1442 Hijriah nanti di lapangan ataupun di masjid di tengah pandemi Corona (COVID-19). Izin ini diberikan setelah hasil keputusan rapat bersama dengan berbagai pihak.

"Ini dibuat atas inisiatif Kanwil Agama Provinsi Jambi dan organisasi atau tokoh ulama Jambi. Maka dibolehkan salat Idul Fitri baik dalam masjid dan lapangan, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan," kata Juru Bicara Pemprov Jambi, Johansyah kepada detikcom, Selasa (11/5/2021)

Izin salat Idul Fitri 1442 Hijriah di Jambi ini dari hasil keputusan rapat Kanwil Kemenag Jambi, MUI, NU, Muhamadiyah, Dewan Mesjid Indonesia Jambi, dan PW Al Wasliyah Jambi. Dari hasil rapat itu maka jika salat Idul Fitri 1442 Hijriah tidak dilakukan di rumah, bisa di masjid dan lapangan terbuka.

"Yang jelas tetap jaga prokes, pengaturan jarak, dan direkomendasikan gugus tugas setempat dengan melihat zona penyebaran COVID-19," ujar Johansyah.

Berdasarkan surat imbauan Menteri Agama RI Nomor SE.04 Tahun 2021 Tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri, maka menghadapi hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah dengan di masa pandemi Corona diizinkan salat Idul Fitri di Masjid dan lapangan terbuka.

Di surat imbauan itu, panitia penyelenggara salat Idul Fitri atau pengurus masjid harus dapat mengatur jamaah masjid sesuai dengan prokes yang ditentukan.

Imam dan khatib juga perlu mendukung dan berperan dengan memperpendek pelaksanaan ceramah Idul Fitri dan memilih baca ayat Al'quran.

(aud/aud)