detikcom Do Your Magic

Proyek Anti-banjir di Jl RE Martadinata Dinilai Efektif

Afzal Nur Iman - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 13:52 WIB
Jl RE Martadinata-Jembatan Lodan, Ancol, Jakarta Utara, 11 Mei 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Jl RE Martadinata-Jembatan Lodan, Ancol, Jakarta Utara, 11 Mei 2021. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Jakarta -

Berbagai upaya dilakukan untuk cegah banjir di Jl RE Martadinata, Jakarta Utara, seperti membuat kolam olakan, saluran air, hingga meratakan jalan yang cekung. Warga sekitar mengatakan hal tersebut efektif mengurangi genangan.

"Pertama sebelum dibangun 40 cm banjirnya, kalau sekarang udah dibangun alhamdulillah paling kecil doang lah," kata warga sekitar, Taufik saat ditemui di lokasi, Selasa (11/5/2021).

Taufik menjelaskan dulu tinggi muka air di jalan bisa sampai betisnya. Dia juga menunjukkan banjir kerap menggenangi jalan raya hingga lampu merah di Jl Kampung Bandan sekitar 150 meter dari Jl RE Martadinata. Meski masih ada genangan ketika hujan namun kini sudah tidak setinggi dulu. Air genangan juga dikatakan lebih cepat surut.

Warga Jl RE Martadinata Ancol, Taufik.Warga Jl RE Martadinata Ancol, Taufik. Foto: Afzal Nur Iman/detikcom

"ya sampai dekat Alexis tuh, yang ada lampu merah, sekarang alhamdulillah cepat surut," ujarya.

"Terakhir banjir sih ya udah lama lah, yah sebulan lalu lah," tambahnya.

Salah satu pedagang yang berjualan di lokasi bernama Asep Nurmansyah belum bisa menebak apakah proyek anti banjir tersebut efektif atau tidak. Menurutnya air Kali Ancol belum pasang sehingga belum terjadi banjir.

"Selama saya di sini kan belum ada air pasang, kalau sudah ada air pasang baru kelihatan, kan biasanya air pasang nih banjirnya," katanya saat di lokasi.

Namun ketika hujan lebat datang beberapa waktu lalu dia menyebut tidak terjadi banjir. Padahal biasanya ketika hujan deras jalan biasa tergenang.

"Kalau waktu hujan nggak ada genangan, yang pas malam itu ya, sini enggak kayaknya enggak banjir," jelasnya.

Pedahang di Jl RE Martadinata, Ancol Jakarta Utara Asep NurmansyahPedahang di Jl RE Martadinata, Ancol Jakarta Utara Asep Nurmansyah Foto: Afzal Nur Iman/detikcom

Selanjutnya
Halaman
1 2