Jemaah An-Nadzir Gowa Buka Puasa Siang Ini, Laksanakan Salat Id Besok

Hermawan Mappiwali - detikNews
Selasa, 11 Mei 2021 13:27 WIB
Tim terpadu berharap para jemaah An Nadzir mentaati aturan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan menghindari kerumunan.
Jemaah An-Nadzir di Kabupaten Gowa, Sulsel (dok. detikcom)
Gowa -

Sekitar 400 jemaah An-Nadzir di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), akan melaksanakan salat Idul Fitri 1442 Hijriah pada Rabu (12/5) besok. Para jemaah An-Nadzir juga sudah melakukan buka puasa bersama siang hari ini.

"Hasil pemantauan tim musyawarah tadi malam, besok mulai Lebaran, yakni Rabu, 12 Mei," kata Pimpinan Jamaah An-Nadzir Samiruddin Pademmui, kepada detikcom, Selasa (11/5/2021).

Pelaksanaan salat Id akan dilakukan di Kampung Mawang, Kelurahan Mawang, Kecamatan Somba Opu, Gowa. Karena saat ini masih dalam masa pandemi COVID-19, jemaah An-Nadzir disebut siap menjalankan prokes.

"Kita tetap melakukan protokol khususnya yang memakai masker ya," jelas Samiruddin.

Kendati demikian, Samiruddin menyebut jemaah An-Nadzir akan tetap melakukan salat dengan saf tak berjarak. Dia menyebut hal ini karena para jemaah An-Nadzir selama ini memang tinggal di satu permukiman khusus alias tak bercampur dengan warga pada umumnya.

"Jadi tidak ada orang luar, orang sini saja. Kalau pelaksanaan salatnya kita tetap melaksanakan sesuai syariat, kita tetap melaksanakan seperti biasa seperti yang disyariatkan agama," jelas Samiruddin.

Untuk diketahui, jemaah An-Nadzir sudah memulai ibadah puasa pada Minggu (11/4) lalu atau dua hari lebih cepat dengan pelaksanaan ibadah puasa yang ditetapkan pemerintah pada Selasa (13/4). Khusus hari ini jemaah An-Nadzir sendiri telah melakukan buka puasa pada siang hari.

"Baru saja kita buka puasa tadi. Iye buka puasa siang, karena menurut perhitungan kami sudah masuk 1 Syawal. Jadi Nabi mengatakan bahwa kalau sudah 1 Syawal wajib kita membuka puasa," jelas Samiruddin.

Saat disinggung mengapa jemaah An-Nadzir tak langsung melakukan salat Id pada hari ini, Samiruddin menilai hal itu tak pernah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

"Tapi karena Nabi tidak pernah Lebaran di siang hari, maka kita Lebaran-nya besok pagi. Lebaran Idul Fitri-Idul Adha itu kan Nabi melakukan di pagi hari jam 7," pungkas Samiruddin.

Tonton juga Video "KuTips: Tata Cara Salat Idul Fitri di Rumah":

[Gambas:Video 20detik]



(hmw/nvl)